counter free hit unique web KEREN. Tanpa Bantuan Dokter Gigi, Robot Ini Berhasil Melakukan Implan Gigi - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

KEREN. Tanpa Bantuan Dokter Gigi, Robot Ini Berhasil Melakukan Implan Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook96Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Kemajuan teknologi telah merambah berbagai lini kehidupan. Dari smartphone hingga dunia kesehatan. Di negara China sebuah robot berhasil memasang implan gigi. Bukan hanya itu robot ini bisa memasang implan gigi tanpa bantuan dokter gigi.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, robot gigi buatan kerjasama antara Fourth Military Medical University dan Beihang University sukses memasang 2 gigi implan pada pasien seorang wanita. Robot ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk memasang implan gigi ini

Salah satu dokter dari Stomatological Hospital dr Zhao Yimin menjelaskan bahwa prosedur pemasangan ini diawasi oleh dirinya, beberapa dokter gigi dan sejumlah staf.

“Di China setiap tahun ada 400 juta pasien datang ke dokter gigi. Tetapi kurangnya dokter gigi dan tingginya human error membuat kami harus melakukan inovasi.

Prosedur pemasangan implan gigi yang dilakukan oleh robot ini sudah disiapkan sejak 1 bulan sebelumnya. Robot diprogram untuk memasang gigi di daerah yang ditentukan menggunakan program khusus.

“Yang menarik adalah margin error pemasangan implan gigi oleh robot ini berkisar 0,2 sampai 0,3 mm, sama dengan margin error yang dimiliki oleh dokter gigi berpengalaman” imbuh dr Zhao.


Yang mengherankan lagi adalah, selain memasang implan, robot ini juga mampu menyelesaikan berbagai hal yang biasa dilakukan oleh dokter gigi seperti membersihkan karang gigi, menambal gigi bolong, hingga mencabut gigi.

“Prosedurnya sama seperti biasa. Rongga mulut akan diperiksa, lalu anestesi disuntikkan, sebelum akhirnya implan gigi dipasang di tempat yang sudah ditentukan. Bedanya, yang melakukan hal ini semua adalah robot, bukan dokter gigi,” urainya.

Ke depannya, penggunaan robot ini akan dimanfaatkan lebih luas. Salah satu targetnya adalah menjadi asisten dokter gigi untuk melakukan operasi sulit seperti pencabutan gigi dengan akar yang kuat ataupun operasi orthodontic.

Terima kasih

https://health.detik.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook96Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *