website statistics
Home > Ilmiah > Kenal Lebih Dekat Alat Pembersih Gigi dan Mulut

Kenal Lebih Dekat Alat Pembersih Gigi dan Mulut

Advertisement
Advertisement

Selama ini kalau ditanya membersihkan gigi pakai apa, pasti jawabannya sikat gigi dan pasta gigi. Jawaban ini benar, bahwa yang utama adalah sikat gigi dan pastanya. Aktivitas ini sampai sekarang belum bisa digantikan oleh kumur-kumur air putih saja, makan apel di pagi hari, atau pakai obat kumur yang dijual banyak di pasaran. Tapi seperti yang dikatakan dalam iklan penyegar nafas, sikat gigi saja tidak cukup. Ada alat-alat dan bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat rongga mulut semakin bersih dan sehat.

  • Sikat gigi

  • Sikat gigi yang dipilih harus berbulu halus (soft), berbentuk lurus, dan bersih. Normalnya sikat gigi harus diganti setiap 3 bulan sekali atau jika bulu-bulu sikat sudah “mekar”. Jika sikat gigi rusak sebelum 3 bulan, bisa jadi karena Anda menyikat gigi terlalu keras. Padahal dengan teknik yang tepat, tenaga ringan pun sudah dapat membersihkan gigi.

 

  • Pasta gigi

  • Pasta gigi yang digunakan harus mengandung fluoride supaya lapisan gigi yang terkikis akibat konsumsi makanan dan minuman bisa digantikan oleh fluoride. Cari pasta gigi yang tidak menggunakan deterjen (Sodium Lauryl Sulfate/SLS) agar tidak mengiritasi jaringan mulut. Gunakan seujung kuku dan ratakan ke seluruh permukaan sikat gigi sebelum digunakan.

 

  • Benang gigi

  • Benang gigi digunakan untuk membersihkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Bentuk yang beredar di pasaran ada dua macam, dengan gagang dan tanpa gagang. Cara penggunaannya dengan menggerakkan benang gigi hingga mencapai dasar diantara sela gigi lalu digerakkan ke atas dan bawah pada setiap sela-sela gigi.

 

  • Sikat lidah

  • Sikat lidah digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada lidah. Lidah yang bersih tidak akan menjadi tempat bersarangnya bakteri serta membuat makan lebih enak karena pengecapan rasa yang lebih baik. Sikat lidah tidak usah terlalu kuat, yang penting bercak-bercak putih pada lidah hilang dan lidah terlihat merah sehat.

 

  • Sikat interdental

  • Sikat interdental penggunaannya mirip seperti tusuk gigi, yaitu untuk melepaskan sisa makanan yang cukup besar yang tersangkut di sela-sela gigi dan tidak bisa dilepaskan dengan benang gigi. Sikat interdental juga dianjurkan untuk digunakan oleh pemakai mahkota jaket, jembatan (bridge), maupun behel (alat ortodonti cekat) untuk mencapai daerah yang tidak terjangkau sikat gigi.

 

  • Obat kumur

  • Obat kumur boleh digunakan oleh orang yang memiliki penyakit rongga mulut seperti sariawan, infeksi jamur, atau luka pasca operasi di derah mulut. Penggunaannya harus dengan resep dokter dan tidak boleh digunakan lebih dari yang dianjurkan. Penyegar nafas yang beredar di pasaran bukanlah obat kumur. Jika ingin menggunakan penyegar nafas, pilihlah yang tidak mengandung alkohol supaya tidak mengganggu flora normal rongga mulut. Selain itu Anda terlebih dulu harus menyikat gigi agar sisa makanan yang menumpuk tidak berubah menjadi karang gigi.

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Kapan Harus Mulai Memperhatikan Kebersihan Rongga ...
views 63
Orang tua kadang bertanya, kapan saya harus mulai membersihkan gigi si bayi? Normalnya, gigi susu akan mulai erupsi pada usia 6 bulan. Namun, untuk me...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook10Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0