web tracker Kalau Gigi Keras Kok Bisa Patah Dan Terkikis? - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Kalau Gigi Keras Kok Bisa Patah Dan Terkikis?

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Sering denger curhat temen seperti ini.. saat lagi menikmati makanan, tiba-tiba menggigit sesuatu yang keras sampai-sampai memecah/mematahkan gigi, tambalan, atau bahkan mahkota gigi sampai ikut lepas.

Banyak makanan yang kita sukai justru membahayakan kesehatan gigi kita. Dari lembut dan kenyal hingga keras dan garing, ada ribuan makanan yang bisa memecah belah gigimu. Beberapa makanan memang lebih keras dan kuat dibandingkan gigi, jadi merekalah pemenangnya saat kamu menggigit mereka. Pada kasus lainnya, gigi secara bertahap menjadi getas dan 1 gigitan tak disengaja menyebabkan fraktur kecil atau patah seluruhnya. Fakta membuktikan bahwa hampir setiap minggu pasien datang ke klinik gigi mencari-cari perawatan darurat karena kecelakaan saat makan. Dari pengalaman, ini adalah 9 makanan top yang paling merusak gigi dan perawatan gigimu. Waspadai:

1. Es batu

Beberapa orang mengunyah es batu karena kebiasaan, beberapa orang lainnya melakukannya untuk menghindari makan snack atau mengalihkan perhatian saat tegang/stress. Es batu lebih keras dari email gigimu, dan kamu bisa membandingkannya dengan menggigit batu karna efeknya serupa. Terutama gigi belakang yang sudah ditambal bakalan gampang retak jadinya. Jika kamu memiliki kebiasaan menggigit es batu, ini waktunya kebiasaan itu dihancurkan, bukan gigimu. Pilih snack sehat lainnya yang tidak memecahbelah gigimu!

2.Permen Lengket/ Permen Mengandung Karamel/ Karamel

Meskipun makanan ini bukanlah yang paling sering membuat gigi fraktur, snack lengket ini cenderung merusak perawatan gigi dalam mulutmu. Permen manis ini cenderung terselap antara gigi dan restorasi gigi, mencabut lepas restorasi saat kamu mengunyah. Kadang permen ini menempel pada mahkota jaket dan perawatan gigi lainnya. Saat kamu mencoba mencungkilnya, gigimu sendiri dapat retak atau patah atau merusak tambalan/perawatan gigimu.

3.Permen Beku/Keras

Ada trend menyimpan permen batangan dalam freezer agar rasanya gurih dan dingin. Tapi, mengunyahnya bisa menjadi hal lain. Permen Susu yang dibekukan terutama berbahaya, karena strukturnya yang keras seperti batu dan kenyal dikunyah merupakan gabungan sifat terburuk es batu dan karamel lengket. Tekanan kunyah yang diperburuk oleh makanan ini bisa menyebabkan sensitifitas gigi bertambah.

4.Tulang Ayam/ Tulang Hewan lainnya

Beberapa orang suka sekali mengunyah tulang ayam/tulang dalam makanannya karena gurih dan nikmat. Ada pula menu makanan yang mengandung tulang tersembunyi dan terkadang tidak terlihat. Hindari mengunyah/menggigit tulang kalau kamu ingin menjaga senyum sehatmu.

5.Roti Baguette dan Biscotti

Mana sih yang lebih keras, gigimu atau roti Prancis garing / biskuit keras? Meski faktanya email gigi adalah jaringan paling keras di tubuhmu, ia juga punya kelemahan loh.. Selama bertahun-tahun, makanan kita menjadi lebih lembut dibandingkan dengan pemburu atau petani jaman dulu. Namun, makanan masa kini menjadi tantangan bagi gigi pengunyah. Waspada! Terutama jika gigi gerahammu memiliki tambalan besar.

6.Popcorn

Snack berkalori ini memang paling enak dikonsumsi saat bersantai atau malam hari di sofa. Tapi, ini bukanlah snack yang sesuai untuk kesehatan gigimu. Pertama-tama, potongannya bisa menancap di antara gigi atau di balik gusi, yang menyebabkan abses. Ini adalah infeksi menyakitkan yang menyebar sangat cepat. Perawatannya adalah dengan dental floss dan antibiotik (pada kasus yang parah). Penyebab utamanya adalah kernel popcorn, yang kalau kamu gigit dengan keras maka sebuah garis retak melintang di sepanjang gigimu! Jadi..berhati-hatilah ketika menikmati popcorn dan nikmatilah bagian bermentega yang lembut empuk. Hindari mengunyah bagian kernel popcorn.

7.Kacang

Terlalu sering menggigit kulit kacang-kacangan seperti walnut dan pistachio adalah ide buruk. Bahkan kacang yang sudah dikupas sekalipun bisa menjadi sangat keras untuk gigi. Masalah umum biasanya: muncul keretakan yang tak terlihat, lalu saat gigitan berikutnya gigimu patah.

8.Biji Almond

Walaupun almond sangat bernutrisi dan enak, memakannya secara utuh menjadi suatu keluhan gigi yang epidemik. Keluhannya termasuk gigi gumpil, fraktur, sensitif, dan dalam beberapa kasus, gangguan sendi rahang. Bukannya dilarang untuk makan almond sama sekali, tapi daripada mengunyah seluruh biji almond, carilah varian yang sudah dipotong atau diproses.

9.Makanan Panas dan Dingin

Makanan yang terlalu dingin atau panas sama-sama menyebabkan rasa ngilu dan keretakan gigi karena suhu yang ekstrim. Jadi, jika dikonsumsi bersamaan, contohnya, sup panas yang dimakan bersama es teh, akan sangat merusak gigi dan menyebabkan gigi sensitif.

 

Benda-benda selain makanan

Walaupun kita tidak memakannya, menggunakan gigi untuk membuka paket, menggigit selotip, memegang jepit rambut, atau mengunyah tutup bolpen dapat menyebabkan gigi terkikis dan retak. Gigi digunakan untuk menggigit dan mengunyah makanan, dan bukan pisau serbaguna. Gunakan gigimu dengan baik kalau kamu ingin memiliki gigi sehat sampai hari tua.

Jika kamu benar-benar menyukai makanan di atas, konsultasikan dengan dokter gigimu terlebih dulu untuk mengurangi efek buruknya (misalkan sikat gigi dan pasta gigi khusus). Intinya, perawatan gigi sehatmu juga bergantung pada kedisiplinan dalam memilah-milih makanan yang sesuai untuk kondisi gigimu. Selalu kunjungi dokter gigimu untuk pemeriksaan berkala. Pada dasarnya, pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan bukan?

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Diet Mudah Ala Behel
views 51
Coba ketikkan kata-kata di judul artikel ini dalam mesin pencari manapun, maka akan Anda temukan ribuan artikel yang menyoal tentang hubungan pakai be...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0