web tracker Irma Josefina Savitri : Dari Keluargalah Kekuatan Dan Cita-Cita Didapat - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Irma Josefina Savitri : Dari Keluargalah Kekuatan Dan Cita-Cita Didapat

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook29Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1
Ads
Advertisement

Irma Josefina

image from http://news.unair.ac.id

Bagi Irma Josefina Savitri, DDS, Sp.Perio, Ph.D, keluarga adalah tempat berlabuh yang menenangkan. Di rumah, penyuka warna merah ini mendapatkan kekuatan dan cita-cita. Maka itu, sesibuk apapun kegiatan di kampus, kedekatan dengan keluarga tetap yang utama.

“Bagi saya, memasak bersama anak-anak dan membuat kerajinan tangan di rumah adalah ‘meditasi’ saat ingin keluar dari rutinitas,” kata salah satu dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang menamatkan program doktor di Hiroshima University tersebut saat diwawancara UNAIR News Rabu lalu (20/4).

Aktifitas perempuan kelahiran 16 November 1979 ini memang tergolong padat. Selain mengajar, dokter gigi yang mengenyam pendidikan postdoctoral di The Forsyth Institute Amerika Serikat ini juga tercatat sebagai anggota tim pengembang kerjasama dan Humas FKG.  Di samping itu, dia dipercaya sebagai Kepala Unit Pelayanan Fungsional (UPF) Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM). Tak hanya itu, istri dari Udijanto Tedjosasongko ini tergabung dalam tim Program Pendidikan Internasional (PPI) di bawah Direktorat Pendidikan UNAIR.

Bekerja dalam tim dan berorganisasi adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mantan aktifis ini. Namun, menjadi Humas FKG sejak awal tahun 2016, adalah hal baru baginya. Humas, kata ibu dari Amanda Sachiko Tedjosasongko dan Ahmad Rizky Yukio Tedjosasongko ini, memiliki peran penting dalam kegiatan promosi dan penyalur informasi ke masyarakat.

Ada empat domain dalam lalu lintas informasi yang dilakukan Humas FKG. Yaitu,  mahasiswa, dosen FKG, alumni dan masyarakat luar FKG (baik di lingkup UNAIR maupun umum).

Media yang dimaksimalkan dalam menjalankan tugas kehumasan antara lain, website UNAIR, prospectus FKG UNAIR, televisi, radio dan berbagai media sosial. “Menjadi Humas adalah salah satu cara melaksanakan pengabdian pada masyarakat,” tegas perempuan yang hobi travelling, menjahit cross stitch dan beres-beres rumah tersebut.

Jangan Tunda Pekerjaan

Jika dilihat dari begitu banyaknya tanggung jawab yang diemban, timbul pertanyaan, bagaimana membagi waktu dan bisa tetap konsisten? Irma menjelaskan, semua tak lepas dari perkara mind set. Bila sejak awal pola pikir sudah ditata sedemikian rupa, langkah selanjutnya bakal lebih mudah.

“Saya yakin, semua yang saya peroleh merupakan kesempatan untuk bermanfaat bagi orang lain. Pekerjaan sebagai pendidik, peneliti dan pelaku bidang manajerial adalah passion saya. Kuncinya, selalu terbuka dan tetap excited pada hal baru,” papar dia.

Perempuan yang takut kupu-kupu ini mengatakan, keluarga (orang tua, suami, dan anak-anak) selalu memiliki peran sentral dalam keberhasilan seorang perempuan. Dukungan moral dan psikologis dari orang-orang terdekat sangat penting. Hal itu pula yang dirasakannya.

Di sisi lain, komitmen untuk menjadi pribadi yang disiplin merupakan faktor penentu kesuksesan dalam bekerja. “Saya tidak pernah menunda pekerjaan. Semua pekerjaan saya usahakan selesai saat itu juga, secepat dan sebaik mungkin,” urai dia.

Bantuan kecanggihan teknologi seperti komputer dan smart phone harus dioptimalkan. Kebiasaan menuliskan schedule dengan rapi dan berpikir terkonsep serta mengutamakan solusi adalah keharusan.

Semua itu bakal membantu seseorang untuk meringkas dan menyelesaikan pekerjaan. “Tapi yang jelas, apa yang saya kerjakan tidak akan ada artinya tanpa dukungan tim dan arahan Kepala Departemen dan seluruh jajaran pimpinan di FKG,” ungkap dia.

Tetap Giat Penelitian

Perempuan yang suka belajar sejarah ini juga masih giat melakukan penelitian. Bahkan, sejumlah penelitiannya sempat masuk jurnal internasional. Setidaknya, di rentang 2014 hingga 2015, ada tiga riset yang bertengger di publikasi level dunia.

Antara lain berjudul, miR-584 Expressed in Human Gingival Epithelial Cells is Induced by Porphyromonas Gingivalis Stimulation and Regulates Interleukin-8 Production via Lactoferrin Receptor dan Irsogladine maleate inhibits Porphyromonas gingivalismediated expression of tolllike receptor 2 and interleukin-8 in human gingival epithelial cells. Juga, The differential expression of mgl mRNA by Porphyromonas gingivalis affects the production of methyl mercaptan.

“Bidang ilmu saya adalah preventive medicine untuk penyakit periodontal. Hingga saat ini, saya masih terlibat dalam pembuatan preventive medicine bersama-sama peneliti dari Jepang,” kata dia.

Lulusan pendidikan dokter gigi UNAIR pada 2004 ini berharap, FKG selalu menjadi institusi yangresearch-based, innovative, well-organized and positive thinking educational institution.

POSTING TERKAIT

Sumber gambar dan tulisan :

http://news.unair.ac.id

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Selamat : 3 Mahasiswa FKG UNAIR Ini Lulus Student ...
views 306
Tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga, Selasa (1/3) kemarin dikukuhkan oleh pimpinan Hiroshima University, Jepang, s...
Dekan FKG UNAIR : Profesor Dari Jepang Akan Mengaj...
views 296
image from http://news.unair.ac.id/Delegasi dari Hiroshima University, Jepang, berkunjung ke UNAIR, Senin (7/3). Delegasi tersebut terdiri dari d...
Inovasi FKG UNAIR : Kuliah Kami Menggunakan Video ...
views 232
FKG UNAIR tak pernah henti berinovasi. Misalnya, saat sejak 2011 lalu, fakultas yang berlokasi di kampus A ini menggunakan mekanisme video conference ...
Mau Ikut SNMPTN ? Hati-hati dalam Memilih Prodi
views 199
Universitas Airlangga, melalui Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) kembali menerima kunjungan dari siswa-siswi SMA. Kunjungan kali ini datan...
Dengan 5 Programnya, FKG UNAIR Siap Go Internasion...
views 145
image from http://news.unair.ac.id/Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) sebagai fakultas tertua kedua di Universitas Airlangga setelah Fakultas Kedokte...
FKG UNAIR & FKG Osaka University Tandatangani...
views 69
image from http://news.unair.ac.id/Percepatan menuju ranking 500 besar dunia terus dilakukan oleh segenap civitas akademika Universitas Airlangga...
Dosen Unair Ciptakan Sikat Gigi dan Gel Anti Radan...
views 48
Tim peneliti yang terdiri atas beberapa dosen Universitas Airlangga, Surabaya, menciptakan alat dan formula baru untuk kesehatan gigi. Tim yang di...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook29Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1