website statistics
Home > Perawatan Gigi > Gigi Sensitif #2 : Cara Mengobati Dan Mencegah Gigi Sensitif

Gigi Sensitif #2 : Cara Mengobati Dan Mencegah Gigi Sensitif

Advertisement
Advertisement

Setelah membahas tentang Gigi Sensitif #1 : Apa Itu Gigi Sensitif Dan Apa Penyebabnya? detailnya bisa klik disini, sekarang kembali membahas Cara mengobati dan mencegah gigi sensitif.

Nah berikut ada 6 cara untuk mengobati gigi sensitif. Jika anda mengalami gigi sensitif bisa mempraktekannya sekarang juga sebelum terlambat.

1. Anda bisa mengobati gigi sensitif dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Anda bisa mencari pasta gigi ini di apotik atau di supermarket. Anda bisa menggunakan pasta gigi ini secara teratur agar anda tidak merasakan ngilu yang berlebihan. Pasta gigi sensitif ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki lapisan pada gigi anda.

2. Anda bisa melakukan perawatan sebelum anda tidur untuk mengurangi masalah gigi sensitif.

Anda bisa mengoleskan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif tersebut pada bagian gigi anda yang sensitif. Dengan melakukan perawatan sebelum tidur ini secara rutin maka dipercaya dapat mengurangi masalah gigi yang sensitif.

3. Anda bisa melakukan flossing secara teratur.

Flossing ini dapat dilakukan dengan menggunakan benang gigi. Anda dapat membersihkan kotoran yang tidak dapat dijangkau sikat gigi menggunakan benang gigi. Dengan melakukan flossing secara teratur maka dapat mengurangi plak gigi. Plak gigi inilah yang dapat membuat gigi anda menjadi sensitif.

4. Berkumur dengan air garam

Berkumurlah dengan air garam karena air garam berkaitan dengan sifat osmosis sehingga bisa menenangkan rasa sakit pada gigi dan gusi.

5. Kompres dengan es

6. Kupas siung bawang putih dan beri garam kemudian tempatkan di sepanjang gigi yang sensitif

Nah setelah sudah tahu cara mengobati gigi sensitif, tentunya kita tidak ingin gigi sensitif menghampiri lagi. Berikut ada 8 cara untuk mencegah gigi sensitif. Namun yang perlu diketahui bahwa yang namanya pencegahan itu bersifat kebiasaan sehingga anda harus terus mengupayakannya setiap hari.

1. Sikatlah gigi dengan lembut.
Mengupayakan agar ketika Anda menggosok gigi tidak dengan menyikat gigi terlalu sering pada tekanan yang terlalu kuat. Mungkin tujuan utama Anda agar gigi menjadi lebih bersih, padahal salah caranya. Dengan menggosok gigi perlahan pun Anda bisa memperoleh gigi yang putih, bersih, dan kuat, asal dilakukan secara rutin.
2. Tidak melampiaskan kebosanan dengan menggertak-getakkan atau “menggigit” gigi Anda.
Pasti Anda pernah kalau lagi diam atau bosan di suatu tempat, Anda akan mencari sebuah “mainan” agar rasa bosan tersebut hilang. Nah, tak jarang dari kita memilih untuk memainkan gigi dengan cara menggertak-gertakkan bagian atas dan bawahnya agar bersuara. Apa yang dilakukan ini sebenarnya bisa membuat lapisan email gigi terkikis sehingga membuka dentin gigi.
3. Rutin menyikat gigi.
Dikutip dari situs Sensodyne, tiap orang diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari (pagi sehabis sarapan, dan malam menjelang tidur).
4. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif
Mengaplikasikan pasta gigi sensitif khusus untuk gigi sensitif saat ingin menyikat gigi.
5. Pilih dan gunakanlah sikat gigi berbulu lembut agar tidak menyiksa gigi Anda.
6. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asam. Juga menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan yang dapat merusak gigi.
7. Jangan langsung gosok gigi setelah makan
Tidak menggosok gigi sesaat setelah Anda makan, meski tujuannya baik agar gigi tetap bersih. Tetapi perlu diketahui sebelumnya, bahwa sehabis makan akan terjadi penurunan pH pada mulut. Ada baiknya menggosok gigi setidaknya 25 menit setelah makan.
8. Rutin konsultasi ke dokter gigi.
Rutin mengunjungi dokter minimal dua kali dalam setahun, atau enam bulan sekali untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda.

Gigi Sensitif #1 : Apa Itu Gigi Sensitif Dan Apa Penyebabnya?

Sumber:

1. https://pulauherbal.com

2. http://www.matakuliah.net

3. http://www.wajibbaca.com

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Gigi Sensitif #1 : Apa Itu Gigi Sensitif Dan Apa P...
views 192
Gigi sensitif adalah suatu keadaaan dimana gigi akan terasa sangat nyeri akibat perubahan yang terjadi di dalam mulut. Perubahan ini biasanya dise...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook2Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id