website statistics
Home > Perawatan Gigi > Gigi Sensitif #1 : Apa Itu Gigi Sensitif Dan Apa Penyebabnya?

Gigi Sensitif #1 : Apa Itu Gigi Sensitif Dan Apa Penyebabnya?

Advertisement
Advertisement

apa penyebab gigi sensitif

Gigi sensitif adalah suatu keadaaan dimana gigi akan terasa sangat nyeri akibat perubahan yang terjadi di dalam mulut. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh perubahan suhu yang secara tiba-tiba. Anda mungkin sering mengkonsumsi makanan panas dan dingin secara bergantian, perubahan suhu yang secara mendadak ini menyebabkan gigi menjadi sensitif. Selain suhu makanan, gigi sensitif juga bisa karena makanan yang terlalu asam atau manis.

Gigi sensitif juga bisa karena adanya penyakit gigi atau gusi. Gigi sensitif ini terdiri dari 2 jenis yaitu dentin yang sensitif dan pulpa yang sensitif. Dentin yang sensitif ini biasanya disebabkan karena penipisan pada lapisan luar gigi sehingga dentin gigi menjadi terbuka. Dentin gigi ini menyambung ke ujung saraf dan apabila terkena rangsangan makanan dan minuman yang panas, dingin, asam atau manis maka ujung saraf tersebut akan bergerak. Gerakan ini akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat tajam.

Berikut 4 penyebab gigi sensitif dari kebiasaan sehari-hari :

1. Menyikat gigi dengan tekanan yang terlalu kuat

Berupaya menyikat gigi sebersih mungkin, dengan menyikat gigi terlalu sering dengan tekanan yang terlalu kuat, serta menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras (kasar), perlahan dapat menyebabkan terjadinya penipisan lapisan email gigi yang mengakibatkan dentin gigi terbuka.

Anda sebaiknya menyikat gigi dengan tekanan yang normal. Anda juga harus menyikat gigi dengan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut. Anda bisa melihat panduan cara menyikat gigi yang baik dan benar agar tidak merusak lapisan email gigi anda.

2. Gangguan pada gusi (Gingivitis)

Apabila gusi mengalami gangguan ataupun pergerakkan struktur gusi (gusi turun) maka akan menyebabkan terdapatnya area pada gigi yang pada awalnya terlindung oleh gusi, menjadi terbuka. Dan kondisi inilah yang disebut dengan gigi sensitif, dimana terdapat lapisan leher gigi yang seharusnya terlindung oleh gusi menjadi terbuka.

3. Menggertak-gertakkan gigi

Terdapat beberapa orang yang memiliki kebiasaan menggertak-gertakkan gigi saat sedang diam maupun ketika waktu tidur. Kebiasaan ini perlahan-lahan dapat menyebabkan pengikisan lapisan email pada gigi yang mengakibatkan dentin gigi menjadi terbuka.

4. Gusi Turun

Penurunan gusi yang terjadi pada gigi menyebabkan kondisi gigi sensitif. Penurunan gusi ini menyebabkan lapisan gigi yang pada awalnya terlindung oleh gusi, menjadi terbuka. Dan kondisi inilah yang disebut dengan gigi sensitif, dimana terdapat lapisan tengah gigi (dentin) yang terbuka.

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu atau penyebab gigi sensitif adalah:

  • Lubang pada gigi.
  • Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang.
  • Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi.
  • Radang pada gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan plak.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.

Gigi Sensitif #2 : Cara Mengobati Dan Mencegah Gigi Sensitif

Sumber:

1. https://pulauherbal.com

2. https://www.sensodyne.co.id

3. http://www.alodokter.com

4. http://www.darlie.co.id (image)

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Gigi Sensitif #2 : Cara Mengobati Dan Mencegah Gig...
views 151
Setelah membahas tentang Gigi Sensitif #1 : Apa Itu Gigi Sensitif Dan Apa Penyebabnya? detailnya bisa klik disini, sekarang kembali membahas Cara meng...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id