FOKUS FKG UNHAS Siap Menjawab Permasalahan Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Se-Indonesia

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Selasa kemarin (28/10) telah berlangsung kongres pertama pembetukan Forum Residen FKG UNHAS  bertempat di Aula Drg.Hj. Halimah Dg.Sikati RSGM Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Acara yang diawali oleh pembukaan dan Panel diskusi yang dihadiri oleh dekan FKG UNHAS Dr.drg.Bahruddin Thalib,M.Kes,Sp.Pros.

Menurutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi yang semakin pesat yang sarat akan perubahan dalam era modern.

Dia melanjutkan, “Dalam 20 tahun terakhir di Indonesia, program studi spesialis bedah mulut belum pernah dibuka lagi sehingga hal ini memiliki konsekuensi logis berupa sulitnya mencapai pemerataan dokter gigi spesialis bedah mulut di daerah terpencil.”

Diskusi yang berlangsung hangat tersebut akhirnya direspon posistif oleh para residen FKG UNHAS, dan mereka berkomitmen bahwa secara umum ada dua hal startegis yang perlu ditelaah secara kritis. Pertama yaitu kondisi ekternal berupa upaya membuat opini pada level nasional dengan mengajak semua elemen stakholder dan mahasiswa PPDGS se-Indonesia untuk memberikan konstribusi ide, gagasan dan konsep pengembangan dokter gigi spesialis pada masa yang akan datang.

Kedua, yaitu penguatan internal PPDGS UNHAS dengan membuat Forum Komunikasi Residen FKG UNHAS ( FOKUS FKG UNHAS), yang dengan forum tersebut akan menjadi saluran komunikasi efektif antar residen dengan petinggi kampus, direksi RSGM, dan seluruh warga  FKG UNHAS.

Kongres pertama FOKUS FKG UNHAS melahirkan ketua terpilih yaitu Drg.Rustan Ambo Asse. Selain dari itu, kongres pertama ini mengharapkan bahwa setelah forum ini terbentuk maka pengurus nantinya akan melakukan upaya-upaya konsultasi ke berbagai pihak untuk pengembangan PPDGS UNHAS.

Dikonfirmasi seusai kongres berlangsung, ketua terpilih, Drg.Rustan Ambo Asse menegaskan bahwa sejarah perubahan FKG UNHAS tidak pernah luput dari peran aktif mahasiswa.

Rustan menambahkan bahwa, “Semoga kongres pertama FOKUS FKG UNHAS yang bertemakan ‘Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Berhimpun untuk Kemajuan PPDGS UNHAS’ , semoga dapat memiliki semangat yang sama sebagai pemuda-pemuda Indonesia demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai.”

Ketua panitia kegiatan ini, drg. Imran Irsal menuturkan bahwa kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk memajukan pendidikan dokter gigi spesialis se-Indonesia yang lebih baik.

“Semoga kegiatan ini menjadi jalan agar advokasi terhadap pendidikan dokter gigi spesialis di Indonesia terus dilakukan,” tutupnya.

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Dhihram Tenrisau

Suka menulis cerpen, liputan, dan esai. Bergiat di Suropati Syndicate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.