website statistics
Home > Kampus > Fakta Yang Harus Diketahui Tentang Gratisnya FK UNPAD

Fakta Yang Harus Diketahui Tentang Gratisnya FK UNPAD

Advertisement
Advertisement

Universitas Padjajaran akan menggratiskan biaya pendidikan mahasiswa baru program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2016.

Kebijakan ini diambil antara lain untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat.

“Kenyataannya, daerah-daerah itu memerlukan tenaga, jadi mereka siap untuk bisa memberikan biaya pendidikannya,” ujar Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, saat menggelar jumpa pers di Ruang Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (25/01/2016) mengutip website Unpad.

Namun, masih menurut Prof Tri Hanggono Achmad untuk bisa kuliah gratis, ada syaratnya.

Mahasiswa yang berminat harus bersedia mengabdi di wilayah atau instansi yang ditentukan saat lulus.

Jika tidak memenuhi kesepakatan tersebut, ijazah tidak akan diberikan. Kesepakatan antara mahasiswa dan universitas dituangkan dalam perjanjian, dan apabila tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran.

Pada tahun akademik 2016/2017 ini, FK Unpad akan menerima 250 calon mahasiswa dengan rincian 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN. Seluruh mahasiswa yang diterima melalui dua jalur seleksi tersebut akan digratiskan biaya kuliahnya melalui beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat maupun beasiswa dari berbagai pihak, termasuk instansi swasta.

Setidaknya dibutuhkan dana Rp32 miliar untuk membiayai kuliah seluruh mahasiswa kedokteran yang diterima tahun ini. Berdasarkan uang kuliah tunggal, biaya kedokteran sebesar Rp13 juta per semester atau Rp26 juta per tahunnya. Jika lama masa studi dan praktik mencapai lima tahun, maka menghabiskan dana Rp130 juta per mahasiswa. Dikalikan dengan jumlah mahasiswa yang kuliah di FK satu angkatan setidaknya Rp32,5 miliar.

Selain penjelasan di atas masih banyak pertanyaan dari para netizen terkait kebijakan yang cukup bagus ini yaitu :

  1. Apa gratisnya sudah termasuk dengan buku,dan biaya prakteknya ? (Herlandi )
  2. Gimana kalo mahasiswa nya dari daerah diluar jawa barat?? (Naomi Wenny Tioline)
  3. Gratisnya sudah termasuk alat alat kesehatan dan lainnya ? (Sita Novita)

Sumber tulisan :

  1. http://www.lensaindonesia.com/
  2. http://batam.tribunnews.com/
Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

2 Mahasiswa FKG Unpad Raih Best Presenter pada Inf...
views 110
image from https://www.unpad.ac.id Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, Wisam Rizqullah dan  Elizabeth meraih predikat Best Presente...
Dental Hypnosis : Solusi Atasi Kecemasan Pasien
views 215
Ansietas Dental, atau kecemasan pasien saat atau sebelum perawatan gigi dan mulut akan sangat mempengaruhi keberhasilan dokter gigi dalam melakuka...
FKG Unpad Buat Alat Ukur Kemampuan Komunikasi Dokt...
views 204
Keterampilan berkomunikasi yang baik perlu dimiliki oleh setiap dokter gigi. Hal ini penting mengingat perlunya rasa saling memahami antara dosen dan ...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id