web tracker drg Resza Rizky : di Pagi Hari Lebih Baik Sarapan Lalu Menggosok Gigi - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

drg Resza Rizky : di Pagi Hari Lebih Baik Sarapan Lalu Menggosok Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement
image from http://bontang.prokal.co/
image from http://bontang.prokal.co/

Kebiasaan yang berkembang di masyarakat,setelah bangun pagi harus sikat gigi dahulu baru kemudian sarapan. Apabila ditilik dari dunia medis, manakah yang benar, sarapan  atau sikat gigi dahulu?

Pretty, Bontang

Baca Juga : Interview With a Dental Icon: Dr. Michael Apa

Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh drg Resza Rizky Amalia. Katanya, selepas bangun tidur tidak masalah apabila langsung sarapan tanpa harus menyikat gigi terlebih dahulu. Selepas itu, baru menyikat gigi agar saat keluar rumah mulut kita dalam keadaan bersih.

“Bangun tidur lebih baik kita minum dahulu segelas air putih pagi hari. Namun kebanyakan orang Indonesia tidak nyaman kalau bangun pagi langsung makan dahulu tanpa menggosok gigi sebelumnya kan,” urainya, Kamis (28/1) lalu.

Ia menyatakan, jika air putih yang kita konsumsi pasca bangun tidur menjadi penangkal kuman-kuman di dalam rongga mulut. Sehingga, adanya mitos orang tua yang menyatakan apabila pagi hari belum menyikat gigi lalu sarapan maka kuman masuk ke tubuh memang tidak benar.

“Yang paling benar adalah sarapan pagi dahulu baru menggosok gigi,” ulang dokter muda alumni SMA Vidatra ini.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwasanya hal terpenting untuk dilakukan adalah menyikat gigi malam hari sebelum tidur. Karena, saat mulut kita terdiam dan tidak melakukan aktivitas mengunyah, maka saliva atau air liur di dalam mulut tidak berganti, sehingga membuat bakteri atau kuman-kuman berkembang lebih cepat. Akhirnya, merusak gigi kita dan membuat berlubang.

Nah, jadi pada saat kita tidur, mulut kita tidak bergerak, kuman-kuman akan menyerang ke gigi kita. Jadi yang penting itu adalah menggosok gigi sebelum tidur,” pungkasnya.

Baca Juga : Yustika Chrysandra : Dokter Gigi Yang Hobi Ngoper Gigi Motorsport

Sumber tulisan dan gambar :

http://bontang.prokal.co/

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0