Dokter Gigi Sekaligus Direktur RSUD Mamuju Utara Sayangkan Pernyataan Cornelis Buston

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Kisruh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston dengan Kepala Rumah Sakit Raden Mattaher yang berbuntut pernyataan bahwa dokter gigi tidak pas menempati jabatan sebagai kepala rumah sakit menuai banyak protes. Pernyataan itu muncul dari PDGI Sulselbar dan Aceh. Selain dari itu, kekecewaan juga diutarakan oleh drg. Munawir H. Usman, SKG, seorang dokter gigi sekaligus Direktur RSUD Mamuju Utara.

“Sebagai salah seorang diantara sekian banyak yang mendapatkan amanah sebagai direktur RS dari kalangan profesi dokter gigi menyatakan sangat prihatin dengan pernyataan yang terhormat Ketua DPRD Provinsi Jambi,” tutur Nawir (sapaan drg. Munawir H. Usman) dalam rilisan persnya kepada dental.id Jumat malam (25/08).

Menurutnya, pernyataan tersebut bukan hanya mencederai profesi dokter gigi. Bahkan pernyataan itu turut menodai kehormatan status anggota dewan kader Partai Demokrat itu.

“Selaku anggota dewan seharusnya dia  banyak tahu dan paham tentang regulasi dan aturan yang berlaku di negeri ini, hal ini nampak jelas ketidaktahuan dia akan UU dan peraturan. Hal tersebut merujuk pada UU nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit pasal 34 ayat (1). Sama halnya PP nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah pasal 94 ayat (9) dan pasal 95 ayat (8).  Di mana di dalam pasal tersebut tidak membatasi peran dokter gigi untuk dapat menjadi pemimpin di rumah sakit.

Lanjutnya, dokter teladan tingkat nasional tahun 2016 ini menuturkan bahwa Jabatan direktur rumah sakit merupakan amanah yg diberikan kepada seseorang yang berprofesi sebagai tenaga medis (dokter dan dokter gigi). Amanah itu menurutnya diberikan karena mempunyai kompetensi manajerial bukan klinis.

“Menjadi seorang direktur rumah sakit bukanlah bagaimana ia mampu mengobati dan merawat pasien, akan tetapi bagaimana ia mampu mengatur rumah sakit agar dapat memberi pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat,” tutupnya.

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Dhihram Tenrisau

Suka menulis cerpen, liputan, dan esai. Bergiat di Suropati Syndicate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.