web tracker Dokter Gigi yang Ingin Berpraktek di Hong Kong dan Singapura
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Dicari! Dokter Gigi yang Ingin Berpraktek di Hong Kong dan Singapura

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1
Ads
Advertisement
Dokter gigi Singapur yang melayani pasien berkebutuhan khusus (sumber: Straits Times)
Dokter gigi Singapura yang melayani pasien berkebutuhan khusus. Hong Kong dan Singapura kini deifisit jumlah dokter gigi. (sumber: Straits Times)

Dibutuhkan tenaga dokter gigi asing untuk memenuhi kebutuhan warga Hong Kong dan Singapura. Tercatat bahwa kedua negara tersebut kekurangan dokter gigi.

Menurut laporan dari pemerintah Hong Kong, sebagian besar kota di negara tersebut akan kekurangan tenaga medis–dokter gigi–selama 10 tahun ke depan. Usulan untuk solusi keadaan tersebut, komisi laporan merekomendasikan peningkatan perekrutan jumlah tenaga kesehatan dari luar negeri yang berkualitas. Dokter gigi tersebut akan bekerja di rumah sakit umum.

Seperti dilansir, South China Morning Post, rumah sakit umum di Hong Kong sebenarnya telah mengizinkan perekrutan dokter gigi asing di bawah pembatasan kerja selama satu tahun. Namun, karena kondisi ketat yang membatasi orang asing bekerja di sektor swasta, hanya 12 tenaga medis luar negeri yang tergabung tahun lalu.

Terlepas dari fakta bahwa 2016, klinik umum di kota-kota Hong Kong  kekurangan 250 dokter dan 700 perawat. Solusi dari Konsil Kedokteran Hong Kong–menidirikan badan pengawas dan hukum yang memberikan izin untuk dokter asing–menghadapi penolakan yang cukup besar.

Organisasi profesi medis dan pasien di sana telah menyuarakan keprihatinan bahwa persyaratan perizinan untuk dokter asing yang terlalu mudah. Dalam survei terbaru, 78 persen dari 1.003 responden masyarakat umum menentang gagasan dokter luar negeri untuk berpraktik di Hong Kong.

Namun kebijakan perekrutan tenaga medis asing tetap terjadi. Dalam rangka untuk mengatasi prediksi kekurangan tenaga kesehatan telah dilakukan beberapa usulan. Seperti peningkatan jumlah perekrutan akan ditingkatkan tiga kali lipat dan perpanjangan kontrak untuk menarik lebih banyak dokter.

Di Singapura, Straits Times melaporkan defisit tenaga dokter gigi telah terjadi. Dokter gigi asing sudah menjadi mayoritas dokter gigi baru yang terdaftar dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, pada tahun 2014, hanya 46 dari 187 dokter gigi baru terdaftar adalah lulusan lokal.

Namun, masuknya dokter gigi asing bukan hanya untuk membantu kekurangan tersebut.

“Dengan pertumbuhan populasi orang tua, permintaan untuk layanan gigi tidak hanya meningkatkan tetapi juga berubah karena kebutuhan gigi pasien orang tua yang lebih kompleks,” kata Singapura Kepala Petugas Pelayanan Gigi Dr Patrick Tseng Seng Kwong.

Jumlah dokter gigi yang khusus melayani pasien geriatri di kedua negara tersebut terlalu sedikit. Pada tahun 2014, dokter gigi spesialis adalah sebesar 16,4 persen dari dokter gigi di Singapura. Hal itu sesuai laporan tahunan dari Konsil Kedokeran Gigi Singapura. Akibatnya, Kementerian Kesehatan di sana telah mulai menawarkan beasiswa untuk dokter gigi yang ingin melanjutkan studi di bidang geriatri dan pasien berkebutuhan khusus.

Upaya lain untuk memperbaiki situasi tersebut termasuk pembukaan pusat pelayanan kesehatan gigi di Singapura pada bulan Juni 2016 kemarin. Fasilitas ini untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan gigi dan mulut orang tua dan orang-orang dengan kebutuhan khusus.

Anda dokter gigi? Anda berpeluang bekerja di Hong Kong dan Singapura.

Sumber: Dental TribuneSouth China Morning Post, Straits Times

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Unlam Luluskan Dokter Gigi Pertama di Kalimantan
views 395
Setelah dibangun pada 2009 lalu, Fakultas Kedokteran Unlam, Program Studi Kedokteran Gigi akhirnya menelurkan 11 dokter gigi yang siap mengisi kekoson...
Data 2013 : Jumlah Dokter Gigi di Indonesia Belum ...
views 605
Jumlah tenaga dokter gigi di Indonesia masih belum mencukupi. Idealnya dibutuhkan setidaknya 23.700 tenaga dokter gigi, tetapi saat ini yang ada baru ...
Dokter Gigi, Jangan Khawatir Tidak Kerja
views 651
Di tengah kerasnya iklim persaingan, Unair kembali meluluskan putra-putri hasil binaannya. Namun kali ini yang lulus bukan sembarang wisudawan, namun ...
Demi Obati Masyarakat Miskin, Dokter Ini Buka Prak...
views 407
Seorang dokter biasanya membuka praktik di tempat yang higienis, bersih, dan nyaman. Namun tidak dengan apa yang dilakukan dokter yang satu ini. ...
Dokter Gigi HARUS Tahu : Inilah Alasan Kedokteran ...
views 3761
Dokter gigi dan dokter umum terpisah sejak dalam pendidikannya.Keduanya dianggap memiliki disiplin ilmunya masing-masing.Secara historis, semua d...
HMI Kedokteran Gigi UNHAS Bagi Sembako Murah
views 29
Kegiatan Bazar Murah HMI (foto: dok. Dedy Ariwansyah)Dalam momentum Ramadan tahun ini, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Kedokteran Gigi ...
Sah! Rosita Rahayu Pimpin PDGI Cabang Berau
views 149
Pelaksanaan kegiatan RUA di Hotel Parama Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Sumber: Dok. Rustan Ambo AssePersatuan Dokter Gigi Indonesia ( PDGI) cab...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1