website statistics
Home > Ilmiah > Dok, Apakah Saya Harus Menggunakan Gigi Tiruan???

Dok, Apakah Saya Harus Menggunakan Gigi Tiruan???

Advertisement
Advertisement

gigi tiruan

image from www.shinysmiledentalclinic.com

Ditulis oleh :

Mely Amalia Sholiha

Seringkali pertanyaan tersebut muncul pada pasien setelah melakukan pencabutan gigi. Banyak orang berpikir bahwa dengan dilakukan pencabutan maka masalah pada gigi telah usai. Padahal dengan adanya pencabutan gigi tersebut maka muncul adanya ruang kosong pada rahang yang dapat menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Solusi untuk menghindari hal tersebut adalah menggunakan gigi tiruan.

Nah, sebenarnya apa saja manfaat dari menggunakan gigi tiruan? Simak ulasan berikut ini.

1. Menghindari rotasi dan migrasi gigi

Gigi yang hilang menyebabkan hilangnya kesinambungan pada lengkung rahang, hal ini dapat menimbulkan pergeseran, posisi gigi yg miring maupun berputar. Gigi yg miring akan lebih sulit untuk dibersihkan, sehingga aktivitas karies akan meningkat.

2. Mencegah erupsi gigi berlebihan

Adanya ruang kosong pada rahang, akan menyebabkan gigi lawannya (antagonis) akan tumbuh secara berlebihan. Oleh karena itu, apabila hal ini telah terjadi akan menimbulkan kesulitan saat proses pembuatan gigi tiruan di kemudian hari.

BACA JUGA :

WAJIB DIPERHATIKAN : INI AKIBAT JIKA MALAS KE DOKTER GIGI MINIMAL 6 BULAN SEKALI

image from http://www.alodokter.com
image from http://www.alodokter.com

3. Meningkatkan efisiensi daya kunyah

Kehilangan banyak gigi, terutama area gigi belakang akan merasakan betapa efisiensi kunyahnya menurun. Hal ini tentu juga berpengaruh terhadap pola makanan dan jenis makanan yg dikonsumsi menjadi kian terbatas, sehingga berpengaruh pula terhadap asupan nutrisi.

4. Kelainan berbicara

Kehilangan gigi depan bagian atas dan bawah seringkali menyebabkan kelainan berbicara, hal ini karena gigi depan akan berperan sebagai organ fonetik dalam proses pembentukan suara.

5. Memperbaiki penampilan

Gigi yang hilang dapat mengurangi daya tarik seseorang, terutama gigi bagian depan yang memiliki peran estetis. Penggunaan gigi tiruan akan meningkatkan rasa percaya diri dan seolah – olah menjadi normal kembali.

6. Menghindari efek pada jaringan lunak

Apabila terdapat gigi yang hilang, maka ruang yang ditinggalkan akan diisi oleh jaringan lunak pipi dan lidah. Apabila ini terjadi dalam jangka waktu yg lama maka kesukaran beradaptasi ketika menggunakan gigi tiruan akan muncul. Hal ini karena gigi tiruan akan mendesak jaringan lunak untuk kembali ke tempat semula.

Setelah menimbang berbagai manfaat tersebut, maka sebaiknya setelah dilakukan pencabutan segera dibuatkan gigi tiruan. Hal ini untuk menghindari efek negatif adanya ruang kosong pada rahang akan muncul. Lakukan konsultasi pada dokter gigi anda untuk waktu pembuatan dan jenis gigi tiruan yang tepat.

ARTIKEL POPULER MINGGU INI :

 

Terima kasih :

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn2Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id