Press "Enter" to skip to content

Buku Ajar Prostodonsia Sebagian Lepasan Vol. 2 Edisi 2

Detail Buku Ajar Prostodonsia Sebagian Lepasan Vol. 2 Edisi 2

Jumlah hal : 335

Penulis : Prof. drg. Anton Margo, Sp. Pros., dkk

Alih Bahasa : –

Tahun terbit : 2019

Penerbit : EGC

Harga Rp325,000.00

Detail Produk

Pembahasan buku volume dua ini dititikberatkan pada penjelasan tahap-tahap klinis dan penerapan materi yang dibahas dalam volume satu.

Penjelasan tentang masalah Oklusi dan Hubungan Maksilo-mandibula menjadi topik yang cukup penting, mengingat hal tersebut merupakan bagian yang banyak berperan dalam sistem stomatognati, terutama dalam kurun waktu terakhir ini. Selain itu, Prinsip dan  Penerapan Desain Protesa Sebagian  tetap menjadi pokok kepedulian para penyusun buku ini, sebab walaupun sudah banyak bentuk desain inkonvensional yang digunakan prinsip dasar dalam suatu desain hendaknya tetap dipegang dan karena itu, tetap diuraikan dalam buku ini.

Proses pasca-pemasangan juga mendapat perhatian khusus, mengingat protesa bukanlah alat yang sekali pasang langsung enak dipakai dan tetap nyaman untuk seumur hidup. Pemeriksaan berkala harus tetap menjadi pegangan, karena jaringan mulut adalah bagian tubuh yang dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan.

Protesa adalah produk hasil kerja sama antara dokter gigi, pasien, dan tekniker sehingga mutu perawatan yang diterima pasien amat dipengaruhi oleh sikap, kepribadian, dan keterampilan dokter gigi yang merawatnya. Oleh sebab itu, pemahaman Prosedur Operasional Baku perlu mendapat perhatian saksama dan merupakan faktor yang penting sebagai barometer tanggung jawab seorang dokter gigi.

Ada penambahan beberapa materi pada edisi kedua ini seperti Protesa Fleksibel, yang meskipun dianggap sebagai Panacea dalam bidang Prostodonti Lepasan jenis protesa ini makin banyak digunakan. Bahasan tentang protesa fleksibel hanya dapat dijumpai pada buku Prostodondia Sebagian Lepasan ini.

Topik lain yang ditambahkan pada edisi kedua antara lain  Protesa Implan, Geligi Tiruan Tumpang (Overdenture), dan Kasus Sindrom Kombinasi.

Semua materi dalam edisi kedua ini membuat Prostodonsia Sebagian Lepasan menjadi buku ajar  yang menambah pemahaman akan ilmu prostodonsia dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dokter gigi, peteknik gigi.

Daftar Isi Buku Ajar Prostodonsia Sebagian Lepasan Vol. 2 Edisi 2

1. Oklusi Pada Protesa Sebagian Lepasan

2. Penentuan Hubungan Maksilo-Mandibula

3. Desain Protesa Sebagian Lepasan

4. Protesa Sebagian Lepasan dengan Desain Inkonvensional

5. Protesa Sebagian Lepasan Imidiat

6. Proses Pembuatan Kerangka Logam untuk Protesa Sebagian Lepasan

7. Percobaan Protesa Malam Dalam Mulut

8. Pemasangan dan Pemeliharaan Protesa Sebagian Lepasan

9. Reparasi dan Pencekatan Kembali

10. Kerja Sama Antara Dokter Gigi dan Tekniker

11. Bahan-Bahan yang Sering Dipakai

12. Kasus Perluasan Distal Rahang Bawah dengan Antagonis Protesa Lengkap Atas (Sindrom Kombinasi, Sindrom Kelly)

13. Protesa Fleksibel: Antara Mitos dan Fakta

14. Protesa Tumpang (Overdenture)

15. Restorasi Implan Dental pada Rahang yang Sudah Kehilangan Gigi Sebagian