Buah Strawberry sebagai Pemutih Gigi? Ini Faktanya!

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
22Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Sudah banyak artikel yang menuliskan bahwa buah strawberry bisa digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih gigi alami. Kandungan asam malat dalam buah ini dikatakan mampu mengikis noda di permukaan gigi dan membuat gigi tampak lebih putih. Caranya dengan mencampur strawberry dengan baking soda kemudian mengoleskannya di permukaan gigi. Namun, apakah buah strawberry benar-benar bisa memutihkan gigi?

Sebuah penelitian akhirnya menyanggah hal tersebut.

So Ran Kwon, dalam penelitiannya yang dipublikasian di jurnal Operative Dentistry, menemukan bahwa campuran antara strawberry dan baking soda tidak memiliki efek memutihkan selain hanya menghilangkan debris di permukaan gigi. “Satu-satunya keuntungan dari metode ini (strawberry dan baking soda) adalah gigi tampak terlihat putih hanya karena Anda menghilangkan akumulasi plak di gigi Anda,” kata Kwon. “Anda benar-benar membutuhkan sesuatu yang bisa berpenetrasi ke dalam gigi Anda dan merusak molekul stain. Jika Anda tidak punya, Anda hanya mendapatkan pembersihan secara supeficial dan bukan memutihkan dari dalam, seperti yang Anda inginkan”.

Dalam penelitiannya, Kwon menggunakan 20 buah gigi yang sudah diekstraksi dan mengoleskan campuran strawberry + baking soda ke masing-masing gigi selama 5 menit, 3 kali sehari selama 10 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada efek pemutih yang berarti.

Asam malat dalam buah strawberry yang dikatakan mampu memutihkan gigi ternyata tidak memiliki efek sama sekali sebagai bahan bleaching alami. “Asam ini bukan bahan pemutih gigi dan itu menjelaskan kenapa kami mendapatkan hasil seperti ini”.

Berikan Komentar Disini

Artikel Terkait

Fluoride Varnish dan Silver Diamine Fluoride: Anal...
views 467
Saat ini, pilihan perawatan baru untuk karies gigi tersedia bagi dokter gigi dan pasien dengan alat dan bahan yang semakin lengkap. Karena perkemb...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
22Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.