web tracker Bayi Tidak Mau Menyusu? Cek Apakah Terkena Tongue Tied - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Bayi Tidak Mau Menyusu? Cek Apakah Terkena Tongue Tied

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook12Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

bayi

Apakah sekarang bunda merasa bingung karena bayi tampak kesulitan saat menyusu? Coba cek bagian lidah anak Anda, pastikan ia tidak mengalami tongue tied!

Tongue tied adalah sebuah kondisi kelainan pada organ mulut yang menyebabkan susahnya pergerakan lidah dan mulut. Jika didiamkan, kelainan ini berakibat terganggunya proses menyusu, makan, menelan, bahkan kemampuan berbicara!

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti dari kelainan ini namun kondisi ini cukup sering ditemui pada bayi baru lahir. Perbandingannya sekitar 1 dari 100 kelahiran dan umumnya dialami oleh bayi laki-laki.

Pada bayi, kondisi ini membuat perlekatan antara mulut bayi dan payudara menjadi tidak sempurna. Akibatnya, bayi tidak mendapat air susu yang cukup dan ia menjadi frustasi ketika menyusui.

Karena ketidaksempurnaan perlekatan atau latch on ketika menyusui, otomatis bayi menghisap udara lebih banyak sehingga menyebabkan perutnya kembung dan tidak jarang mengalami kolik.

Kondisi ini juga mengakibatkan payudara dan puting ibu menjadi sakit akibat air susu yang tidak terhisap habis dan puting lecet karena perlekatan yang tidak sempurna.

Gejala dan penanganan

Tanda-tanda anak mengalami tongued tied diantaranya adalah

  • Kesulitan mengangkat lidah menyentuh rongga mulut bagian atas
  • Sulit menggerakkan lidah ke kiri dan kanan
  • Memiliki lidah berbentuk hati (terdapat semacam lekukan pada ujung lidahnya)

Pada bayi, kondisi ini bisa dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan segera mendapatkan pertolongan.

Biasanya, dokter akan menganalisis seberapa parah kasus yang dialami oleh si bayi. Baru dari situ, ia akan memutuskan pertolongan yang tepat.

Umumnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan Frenotomy yaitu pembedahan dengan gunting steril. Dokter akan menggunting bagian bawah lidah yang terikat sehingga lidah lebih leluasa untuk bergerak nantinya.

Prosedur ini juga relatif aman dan berlangsung cepat serta minim pendarahan.

Biasanya, setelah melakukan prosedur ini, ibu akan diminta langsung menyusui bayinya. Hal ini karena ASI merupakan obat penghilang rasa sakit terbaik untuk bayi Anda.

 

Sumber tulisan :

https://id.theasianparent.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook12Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0