web site hit counter Bau Mulut Saat Puasa? Hadapi Dengan 10 Cara Gampang Ini – dental.id

Bau Mulut Saat Puasa? Hadapi Dengan 10 Cara Gampang Ini

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
18Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

halitosis

Pada bulan puasa ini, bau mulut merupakan salah satu masalah yang perlu  disiasati. Betapa nikmatnya bila kita dapat berpuasa sekaligus terbebas dari bau tidak sedap mulut kita. Berikut cara-cara efektif agar terhindar dari bau mulut saat bulan puasa, lengkap dengan faktor dan cara mengatasinya.

Faktor Timbulnya Bau Mulut Ketika Puasa

  • Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa makan, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

  1. Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.
  2. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
  3. Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  4. Hindari makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian.
  5. Kurangi merokok atau tidak samasekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  7. Gunakan obat kumur (mouthwash) untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.
  8. Gunakan benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut.
  9. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.
  10. Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Sumber tulisan :

http://blog.lazada.co.id

Berikan Komentar Disini

Artikel Terkait

Edisi Puasa #1 Hukum Berobat Ke Dokter Gigi Ketika...
views 3738
Hal ini cukup sering ditanyakan, karena periksa ke dokter gigi banyak intervensi terhadap mulut, seperti membilas, menyuntik anestesi dan mencabut gig...
Edisi Puasa #2 Perawatan Gigi saat Puasa
views 1747
Meskipun kita tengah menjalankan ibadah puasa, namun bukan berarti kita tidak boleh melakukan perawatan gigi. Justru sebaiknya, pada saat berpuasa kes...
Edisi Puasa #3 Tips Menyikat Gigi Selama Bulan Pua...
views 580
Menyikat gigi saat puasa itu ada yang membolehkan dan ada yang memakruhkan. Untuk berjaga-jaga, bagaimana cara menyikat gigi selama bulan puasa agar t...
Edisi Puasa #4 8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mulu...
views 278
Agar nilai ibadah puasa kita tetap terjaga maka kesehatan mulut harus selalu diperhatikan karena bau mulut merupakan hal yang paling rawan bakal terja...
9 Tips Ala Rumahan Untuk Atasi Bibir Kering Dan Pe...
views 482
Bibir pecah-pecah, kering, atau luka biasa terjadi saat cuaca kering dan dingin. Bibir yang kering secara kronis bisa jadi merupakan gejala penyakit y...
Edisi Puasa #5 : Menyikat Gigi Saat Puasa. Apakah ...
views 200
Bolehkah sikat gigi saat puasa? Apakah puasa jadi batal jika sampai menggunakan sikat gigi sekaligus pastanya? Menggunakan Siwak itu Boleh Dari Abu ...
Tips Memilih Makanan untuk Mencegah Bau Mulut Sela...
views 220
Intensitas bau mulut dipengaruhi oleh makanan dan mulut kering. Selama puasa produksi air liur yang berkurang menyebabkan mulut menjadi lebih kering, ...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
18Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
DENTAl.ID Ada Artikel Bedah Kasus LhoBaca Bedah Kasus Disini
+ +