website statistics
Home > Perawatan Gigi > Apa Saja Penyebab Gigi Tonggos, dan Bisakah Gigi Tonggos Diperbaiki?

Apa Saja Penyebab Gigi Tonggos, dan Bisakah Gigi Tonggos Diperbaiki?

Advertisement
Advertisement

Meski tidak membahayakan kesehatan, kehadiran gigi tonggos memang sering kali mampu menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apa penyebab timbulnya gigi tonggos? Bagaimana mengatasi gigi tonggos? Simak fakta gigi tonggos lain berikut ini.

Seperti apa gigi yang disebut tonggos?

Gigi tonggos adalah kondisi di mana posisi gigi atas berada lebih maju dibandingkan dengan gigi bawah. Jarak yang tercipta bahkan lebih dari 2 mm. Pada dunia kedokteran, kondisi ini dikenal dengan maloklusi. Suatu gigi juga dikatakan tonggos, bila:

  • Ukuran rahang atas lebih besar dari normal, namun ukuran rahang bawah normal
  • Ukuran rahang atas normal, namun ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal
  • Ukuran rahang atas lebih besar dari normal
  • Ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal

Apa penyebab gigi tonggos?

Banyak hal yang diperkirakan menjadi penyebab maupun pemicu yang membuat gigi menjadi tonggos. Kebiasaan mengisap jempol saat usia sudah lebih dari 4 tahun diperkirakan menjadi penyebab yang paling memungkinkan, karena saat anak mengisap jempol, mulut membuat gerakan maju mundur secara konstan.

Penggunaan dot juga diperkirakan mampu menimbulkan gigi tonggos, karena penggunaan dot juga membuat posisi gigi lebih maju serta mengubah arah rahang. Normalnya, seorang anak akan menggunakan dot hanya sampai usianya 2,5 tahun.

Pada beberapa kasus, faktor keturunan pun diperkirakan menjadi pemicu munculnya gigi tonggos.

Apa dampak kalau kita memiliki gigi tonggos?

Gigi tonggos menyebabkan seseorang tidak dapat menutup mulutnya dengan benar. Ini bisa mengganggu kualitas pernapasan seseorang dan mengganggu proses mengunyah makanan, karena gigi atas yang tak bertemu dengan gigi bawah. Orang tersebut juga biasanya jadi terbiasa untuk bernapas melalui mulut. Kondisi ini ditakutkan mampu memicu komplikasi lain, seperti trauma. Terutama bila terjadi pada usia anak-anak, karena keberadaan gigi tonggos mampu mempengaruhi penampilan luar seseorang.

Bagaimana memperbaiki gigi tonggos?

Penanganan sejak dini sangat disarankan, karena kondisi rahang saat masih usia muda, lebih mudah untuk dibentuk. Penggunaan behel atau kawat gigi sering kali menjadi tindakan yang paling sering direkomendasikan untuk mengatasi gigi tonggos. Kawat gigi yang terpasang pada gigi kemudian akan memindahkan gigi pada posisi yang seharusnya. Namun jangan lupa, untuk menanyakan bagaimana prosedur membersihkan gigi setelah pemasangan kawat tanpa merusaknya dan meninggalkan sisa makanan terselip di gigi.

Baru baru ini sebuah merk dagang asal Amerika meluncurkan suatu produk yang dinamai invisalign. Invisalign adalah suatu terobosan merapikan gigi yang tidak teratur dengan menggunakan plastik bening yang didesain khusus sesuai dengan susunan gigi yang bersangkutan. Namun butuh biaya yang tidak sedikit dan pertimbangan yang banyak untuk melakukan tindakan ini. Pembedahan merupakan alternatif lain bila kondisi gigi tonggos Anda ternyata lebih serius.

Terima kasih

https://hellosehat.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id