web tracker Antara Gigi Berlubang, Kesulitan Bernafas Dan Kematian Yang Mengintai - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Antara Gigi Berlubang, Kesulitan Bernafas Dan Kematian Yang Mengintai

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Abses periapikal ialah gigi yang berlubang dan sudah memasuki ke tingkat yang lebih parah. Diterangkan drg Silviana, kedalaman lubangnya hingga pulpa. Suatu kondisi patologis seperti abses tersebut dapat dibedakan menjadi dua yaitu kondisi akut dan kronis. Abses diawali dengan infeksi bakteri dan terjadi karies gigi.

Dokter gigi yang praktik di Puskesmas Sempaja Samarinda tersebut melanjutkan, abses periapikal akut akan timbul tiba-tiba, pada ujung akar dan pulpa gigi yang berisi pembuluh darah. Bakteri hidup ini yang menyebabkan infeksi berada di saluran akar dalam jumlah yang sangat banyak. Kemudian menyebar dengan cepat ke arah ujung akar, hingga jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal).

“Hal ini dapat menyebabkan periodontal mengalami peradangan dan timbul rasa sakit yang berat terutama saat gigi mengunyah atau ditekan,’’ ujar Silviana.

BACA JUGA : HATI-HATI TERNYATA KARANG GIGI BISA SEBABKAN ASMA

Kondisi ini bisa akut, bergantung dari jumlah dan agresivitas bakteri penginfeksi dan sistem imun pasien. Bila respons imun pasien cukup kuat untuk menahan infeksi bakteri, maka abses tidak timbul dalam fase akut namun bertahan dalam kondisi kronik. Meski demikian, sewaktu-waktu kondisi ini dapat berubah menjadi akut kembali, dan gigi kembali sakit parah.

“Bila dibiarkan tanpa perawatan, abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak. Hingga menyebabkan pembengkakan yang cukup besar. Misalnya gigi molar bawah mengalami abses, pipi dapat mengalami pembengkakan yang cukup besar. Bila dipegang akan terasa panas, sakit dan bisa disertai demam,’’ beber dokter gigi Puskesmas Sempaja Samarinda.

Lanjutnya, selain itu terkadang kelenjar limfe yang berdekatan dapat membesar dan terasa sakit. “Bakteri dapat menyebar melalui aliran darah ke organ vital, dan dapat terjadi kondisi yang disebut Angina Ludwig yang menyebabkan pasien kesulitan bernafas, dan berujung pada kematian,’’ tutup dia.

BACA JUGA : BERHATI-HATILAH SEBELUM CABUT GIGI

Terima kasih

http://kaltim.prokal.co

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0