web tracker 9 Tips Ala Rumahan Untuk Atasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Saat Puasa - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

9 Tips Ala Rumahan Untuk Atasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Saat Puasa

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn2
Ads
Advertisement

Bibir pecah-pecah, kering, atau luka biasa terjadi saat cuaca kering dan dingin. Bibir yang kering secara kronis bisa jadi merupakan gejala penyakit yang lebih serius, namun bibir yang pecah-pecah biasanya ditangani menggunakan pengobatan rumahan. Lihatlah Langkah 1 dan seterusnya di bawah ini untuk mempelajari cara merawat bibir agar lembut dan kenyal kembali.

image from cantiksehatgue.blogspot.com
image from cantiksehatgue.blogspot.com

1. Minumlah air putih yang banyak.

Minum 8-10 gelas air putih setiap hari adalah langkah yang ideal. Ketika tubuh dehidrasi, maka tanda yang pertama terlihat adalah di bibir. Semakin banyak minum air putih, maka semakin baik!

2. Jangan menjilati atau menggigiti bibir.

Dua kebiasaan ini bisa membuat bibir menjadi lebih kering dan memicu infeksi atau luka lepuh dingin. Ketika bibir pecah-pecah, hindari keinginan untuk menjilatinya terus-menerus atau menggigitnya.

3. Lakukan pengelupasan pada bibir.

Sebelum membubuhkan salep apa pun, hilangkan sel kulit mati dengan cara pengelupasan. Pengelupasan akan membuat kulit bibir menjadi segar dan bibir menjadi pulih. Jangan gosok bibir terlalu keras sehingga akibatnya bisa bertambah buruk. Gosok bibir dengan lembut. Anda bisa melakukan pengelupasan pada bibir dengan menggunakan bahan yang sama untuk mengelupas tubuh. Cobalah salah satu dari bahan-bahan berikut ini:

  • Gunakan ramuan pengelupasan dari garam atau gula pasir. Bubuhkan ramuan tersebut pada bibir dan gosoklah dengan gerakan memutar, untuk menghilangkan sel kulit mati. Bibir Anda akan terasa lembut dan segar kembali.
  • Gunakan sikat untuk pengelupasan. Sikat yang paling mudah untuk digunakan adalah sikat gigi! Pastikan sikat gigi tersebut bersih. Sikat gigi yang bentuknya kecil juga bisa digunakan. Gosokkan pada bibir dengan gerakan memutar untuk menyingkirkan sel kulit mati.
  • Jangan gunakan sabun khusus untuk pengelupasan. Sabun wajah yang mengandung butiran scrub dan sabun khusus untuk pengelupasan akan membuat bibir bertambah kering.

4. Bubuhkan salep.

Hati-hati dengan salep yang dijual bebas atau chapstick(pelembab khusus untuk bibir pecah-pecah) yang Anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Banyak chapstick dan salep yang mengandung bahan-bahan yang akan membuat bibir bertambah kering, sehingga Anda harus berulangkali membubuhkannya.

  • Carilah pelembap bibir atau chapstick yang mengandung lilin lebah, shea butter, minyak almond, dan pelembap alami, dan tidak ditambah bahan-bahan lain. Jangan memilih pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan yang sangat banyak dan tidak bisa Anda sebutkan.
  • Salep yang dengan bahan dasar vitamin E atau gliserin yang mengandung bahan-bahan alami juga bisa membantu.
  • Jika ingin melembapkan bibir, hindari penggunaan lipstik. Lipstik bisa membuat bibir kering. Anda perlu membubuhkan pelembab sebelum menggunakan lipstik.

5. Bubuhkan minyak.

Untuk perawatan bibir dengan kelembapan ekstra, gosokkan sedikit minyak pada lipstik. Minyak akan meredakan rasa sakit dan melempabkan bibir sekaligus juga mencegah pecah-pecah. Minyak-minyak berikut ini bisa membantu meredakan bibir:

  • Minyak kelapa
  • Minyak almond
  • Minyak jojoba
  • Minyak zaitun

6. Redakan rasa perih pada bibir.

Jika bibir Anda yang pecah-pecah keadaannya sangat parah sehingga terasa sakit saat tersenyum, redakan dengan pengobatan rumahan sehingga tidak terasa perih lagi. Inilah beberapa saran untuk meredakannya:

  • Menggosokkan irisan mentimun pada bibir selama 10 menit setiap hari juga diketahui sebagai cara yang efektif.
  • Menggosokkan lidah buaya pada bibir bisa meredakan rasa sakit.
  • Menggosokkan sedikit madu pada bibir akan melembapkan dan membuat bibir terasa lebih baik

7. Hindari penggunaan produk perawatan kulit secara berlebihan.

Ini termasuk kosmetik dan pelembap bibir yang mengandung rasa. Produk-produk ini bisa membuat bibir menjadi kering.

8. Gunakan pasta gigi bebas fluorida.

Sebagian orang mengalami alergi terhadap fluorida yang tidak hanya mempengaruhi bibir namun juga menyebabkan iritasi pada mulut. Gantilah pasta gigi Anda dan lihatlah apakah ada perubahannya.

9. Gunakan humidifier (alat untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan) di rumah atau kantor.

Ruang di dalam rumah yang diberi pemanas saat musim dingin menyebabkan udara menjadi kering. Cobalah pasang sebuah humidifier. Alat ini melembapkan udara di dalam ruangan sehingga bibir juga menjadi lembap.

POSTING TERKAIT

  1. Waspadai Bahaya Pencuci Mulut dari Sekarang
  2. Ingin Muntah Saat Gosok Gigi? Ini Cara Ampuh Mengatasinya
  3. Perawatan Gigi Saat Puasa. Bolehkah?
  4. 5 Tips Menyimpan Sikat Gigi Agar Tetap Bersih

Sumber tulisan :

http://id.wikihow.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Edisi Puasa #1 Hukum Berobat Ke Dokter Gigi Ketika...
views 2943
Hal ini cukup sering ditanyakan, karena periksa ke dokter gigi banyak intervensi terhadap mulut, seperti membilas, menyuntik anestesi dan mencabut gig...
Edisi Puasa #2 Perawatan Gigi saat Puasa
views 765
Meskipun kita tengah menjalankan ibadah puasa, namun bukan berarti kita tidak boleh melakukan perawatan gigi. Justru sebaiknya, pada saat berpuasa kes...
Edisi Puasa #3 Tips Menyikat Gigi Selama Bulan Pua...
views 367
Menyikat gigi saat puasa itu ada yang membolehkan dan ada yang memakruhkan. Untuk berjaga-jaga, bagaimana cara menyikat gigi selama bulan puasa agar t...
Edisi Puasa #4 8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mulu...
views 202
Agar nilai ibadah puasa kita tetap terjaga maka kesehatan mulut harus selalu diperhatikan karena bau mulut merupakan hal yang paling rawan bakal terja...
Edisi Puasa #5 : Menyikat Gigi Saat Puasa. Apakah ...
views 111
Bolehkah sikat gigi saat puasa? Apakah puasa jadi batal jika sampai menggunakan sikat gigi sekaligus pastanya? Menggunakan Siwak itu Boleh Dari Abu ...
Tips Memilih Makanan untuk Mencegah Bau Mulut Sela...
views 151
Intensitas bau mulut dipengaruhi oleh makanan dan mulut kering. Selama puasa produksi air liur yang berkurang menyebabkan mulut menjadi lebih kering, ...
Menghindari Bau Mulut Selama Berpuasa, Ini Tipsnya
views 197
 Ibadah adalah obat untuk jiwa dan raga. Namun akan sangat mengganggu bila pelaksanaannya dapat mengganggu kenyamanan diri sendiri dan or...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn2