website statistics
Home > DenTravel > 9 Makanan Dan Minuman Khas Solo Yang Paling Terkenal Dan Wajib Dicoba

9 Makanan Dan Minuman Khas Solo Yang Paling Terkenal Dan Wajib Dicoba

Ads
Advertisement

Halo teman sejawat

Sedang seminar di Solo?

Atau cuma sedang main-main saja di Solo?

Yuk bisa dibaca artikel 9 Makanan Dan Minuman Khas Solo Yang Paling Terkenal Dan Wajib Dicoba

Lumayan di sela-sela seminar atau menunggu keberangkatan jadwal pesawat atau kereta bisa berkuliner ria.

Makanan dan minuman yang dental.id referensikan adalah hasil dari pencarian di internet dan yang paling banyak ditulis di website-website. Jadi tidak usah ragu dengan rasa dan kualitas. Kan menurut iklan sebuah kecap “Karena Rasa Tidak Pernah Bohong”.

1. Timlo Sastro

Jika ke Yogyakarta teman sejawat wajib mencicipi gudeg, nah kalo Timlo menjadi kuliner wajib di Solo. Timlo bisa dengan mudah ditemui di seluruh penjuru Solo, namun sebaiknya teman sejawat berkunjung ke ‘legenda’ timlo yaitu Timlo Sastro.

Seperti apa sih timlo? Timlo adalah kuliner semacam sop kaldu ayam yang berisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo dan daging ayam. Timlo biasa disantap bersama nasi dan kerupuk kulit. Timlo Sastro merupakan salah satu timlo populer sejak tahun 1952.

Timlo Sastro terletak di belakang Pasar Gede Timur, lokasi yang mudah diakses karena sudah sangat populer. Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 3 sore. Satu lagi yang unik adalah, di sini teman sejawat akan ditemani live music keroncong yang dimainkan oleh kelompok pengamen yang sudah ‘dikontrak’ untuk menghibur pelanggan.

Sumber gambar : https://jejakbocahilang.wordpress.com
Sumber gambar : https://jejakbocahilang.wordpress.com

 

timlo-sastro-2
Sumber gambar : http://www.alamatrumahmakan.com/

2. Serabi Notosuman

Di Bandung, jajanan ini dikenal dengan nama surabi, di Solo namanya bergeser dikit menjadi serabi. Serabi yang populer adalah Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin (sebelumnya bernama Jalan Notosuman).

Serabi ini berbeda dengan ada di Bandung. Serabi Notosuman tidak dihidangkan dengan kuah, varian rasanya pun hanya ada dua yaitu original dan coklat.

Meskipun demikian, jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan ini tetap banyak diminati oleh warga Solo dan juga wisatawan dari luar kota. Rasanya yang gurih sangat pas dinikmati bersama teh hangat di sore hari.

Sumber gambar : http://www.yogyadise.com/
Sumber gambar : http://www.yogyadise.com/

 

serabi-notosuman-2
Sumber gambar : http://www.superkidsindonesia.com/

3. Warung Selat Mbak Lies

Pernah mendengar kuliner bernama selat? Selat ini sebenarnya semacam salad, namun namanya berubah mengikuti penyebutan warga lokal. Salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan menu ini adalah Warung Selat Mbak Lies yang terletak di Jalan Serengan 42.

Menu andalan di Warung Selat Mbak Lies ini adalah selat bestik. Selat bestik merupakan perpaduan dari irisan daging sapi, telur pindang, wortel, kentang goreng, buncis, selada, acar mentimun, irisan bawang merah dan mayonaise Jawa. Minuman yang cocok untuk menemani teman sejawat menyantap selat adalah es degan. Di sini, teman sejawat bisa memilih gula Jawa, gula putih atau syrup sebagai pemanis.

Tempat wisata kuliner ini juga memiliki dekorasi yang terihat ‘berantakan’ karena terdapat banyak koleksi barang antik seperti keramik kuno yang memenuhi tempat makan ini. Yang unik dari Warung Selat Mbak Lies adalah pelayannya yang memakai seragam lucu dengan warna mencolok. Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 5 sore.

Sumber gambar : http://kuliner.panduanwisata.id/
Sumber gambar : http://kuliner.panduanwisata.id/

 

warung-selat-mbak-lies-2
Sumber gambar : http://annisasatriana.blogspot.co.id/

4. Tengkleng Bu Edi

Berkunjung ke Solo, teman sejawat wajib mencicipi Tengkleng Bu Edi. Tengkleng dikenal sebagai makanan orang miskin pada zaman dahulu. Hal ini dikarenakan tengkleng dibuat dari tulang kambing yang menyisakan sedikit daging. Tengkleng dimasak dengan dua cara, menggunakan santan dan tidak. Rasanya yang segar, asam dan gurih menjadikan makanan orang miskin ini sekarang banyak diminati dan menjadi salah satu kuliner wajib coba di Solo.

Tengkleng Bu Edi bisa dibilang sebagai tengkleng paling populer di Solo. Jangan dibayangkan tempatnya berupa restoran besar. Tengkleng Bu Edi bertempat di gapura utara Pasar Klewer dan tidak menyediakan tempat duduk untuk pembeli karena tempatnya yang terbatas. Namun jangan salah, tengkleng ala Bu Edi yang buka setiap jam 1 siang ini sudah punya banyak penggemar dan ludes hanya dalam waktu 3 jam saja.

Sumber gambar : https://cabinbag.wordpress.com
Sumber gambar : https://cabinbag.wordpress.com

 

tengkleng-bu-edi-2
Sumber gambar : http://www.tribunnews.com/

4. Sate Buntel Tambak Segaran

Solo sangat kreatif dalam mengolah kuliner. Jika teman sejawat biasa menyantap sate yang itu-itu saja, saatnya teman sejawat mencicipi sate buntel khas Solo. Sesuai namanya, sate ini dibungkus sebelum dibakar. Dibungkus bagaimana? Sate ini terdiri dari daging kambing cincang yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan lemak kambing tipis. Saat dibakar, lemak akan meleleh dan menambah cita rasa sate buntel.

Sate buntel yang paling populer adalah Sate Buntel Tambak Segaran yang terletak di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Selain sate buntel, tempat wisata kuliner ini juga menyediakan menu lainnya seperti sate daging kambing biasa dan gule kambing. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 11 malam.

Sumber gambar : https://dentistvschef.wordpress.com
Sumber gambar : https://dentistvschef.wordpress.com

 

sate-buntel-tambak-segaran-2
Sumber gambar : http://www.pesonanegeri.com/

5. Nasi Liwet Wongso Lemu

Tempat wisata kuliner solo yang di rekomendasikan selanjutnya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, nasi liwet yang di sajikan di Nasi Liwet Wongso Lemu sangat luar biasa enak. Dengan berada di Jalan Teuke Umar, Keprabon, Solo rasanya tempat wisata kuliner solo yang satu ini sangat mudah untuk teman sejawat temukan. Bahkan tempat bernama Nasi Liwet Wongso Lemu ini sudah ada sejak tahun 1950 yang lalu.

Nasi Liwet Wongso Lemu ini merupakan tempat makan yang menyajikan nasi liwet dengan perpaduan antara
nasi gurih, telur rebus,areh, sayur labu, suwiran ayam. Tentu saja salah satu makan yang sangat cocok bila di konsumsi pada malam hari, Jika teman sejawat tertarik dengan tempat makan di solo Nasi Liwet Wongso Lemu ini teman sejawat bisa datang ke tempatnya langsung pada jam 4 sore hingga jam 1 malam yang tentu saja dengan harga yang cukup terjangkau.

Sumber gambar : http://forum.detik.com/
Sumber gambar : http://forum.detik.com/

 

Sumber gambar : https://www.tripadvisor.co.id
Sumber gambar : https://www.tripadvisor.co.id

6. Sate Kere Yu Rebi

Salah satu kuliner solo atau tempat makan enak di Solo yang wajib untuk teman sejawat kunjungi apabila teman sejawat sedang berada di Solo adalah Sate Kere Yu Rebi. Uniknya bahan dari Sate Kere Yu Rebi ini yakni jeroan sapi yang sangat lezat, selain enak Sate Kere Yu Rebi ini juga di banderol dengan harga yang cukup terjangkau karena juga terbuat dari jeroan. Selain Sate Kere, di Sate Kere Yu Rebi ini juga terdapat tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu.

Sama dengan sate yang lainnya, Sate Kere Yu Rebi ini di campur dengan sambal kacang dan juga lontong. Harga dari Sate Kere Yu Rebi ini mulai dari Rp. 10.000 saja, akan tetapi teman sejawat bisa sesuaikan berapa sate yang teman sejawat pesan. Dan untuk teman sejawat yang tertarik untuk datang ke Sate Kere Yu Rebi ini, silahkan datang ke belakang stadian sriwedari solo. Untuk jam bukanya yakni mulai jam 10 pagi sampai dengan jam 9 malam.

Sumber gambar : http://rina-dapurmanis.blogspot.co.id
Sumber gambar : http://rina-dapurmanis.blogspot.co.id

 

Sumber gambar : https://bundavanrafizya.blogspot.co.id/
Sumber gambar : https://bundavanrafizya.blogspot.co.id/

7. Susu Shi Jack

Ada lagi sebuah tempat wisata kuliner solo yang sepertinya sangat cocok bagi teman sejawat yang sangat suka dengan susu. Sebuah tempat kebanggan warga solo ini populer dengan nama Susu Shi Jack. Tempat kuliner solo yang satu ini biasanya di fungsikan untuk tempat nongkrong yang asyik baik untuk anak muda maupun untuk keluarga. Mungkin tempat wisata kuliner solo ini bisa menjadi referensi tempat nongkrong teman sejawat di solo.

Dengan buka mulai dari jam 5 sore hingga jam 2 pagi, rasanya Susu Shi Jack ini mampu membuat hati para penggemarnya untuk terus datang untuk menikmati sajian susu segar yang ada di Susu Shi Jack ini.

Saking populernya tempat wisata kuliner solo ini, saat ini Susu Shi Jack mempunyai banyak cabang yakni sebanyak 12 cabang. Akan tetapi pusat dari Susu Shi Jack ini yakni di Jalan Kapt. Mulyadi, tepatnya di depan benteng Vastenberg.

Sumber gambar : https://www.tripadvisor.com
Sumber gambar : https://www.tripadvisor.com

 

Sumber gambar : http://www.hungerranger.com/
Sumber gambar : http://www.hungerranger.com/

8. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Tempat wisata kuliner solo paling enak yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan yang bernama Es Gempol Pleret Pak Suhar. Cukup unik memang sajian menu yang ada di Es Gempol Pleret Pak Suhar ini, yakni es gempol yang mana gempol di sini merupakan makanan yang di buat dari tepung beras dan untuk pleretnya di buat dari tepung beras dan di campur dengan gula jawa yang tentu sangat manis dan segarnya berasa.

Gempol dan pleret kemudian di campur dengan menggunakan es batu, santan cair dan gula jawa yang tentu menghasilkan rasa yang sangat menyegarkan. Dengan buka di Jalan Dr. Wahidin, Solo rasanya Es Gempol Pleret Pak Suhar ini sangat mudah untuk di temukan, untuk posisinya yakni di sebelah masjid tegalsari solo. Yang perlu teman sejawat catat adalah waktu buka dari Es Gempol Pleret Pak Suhar yakni dari jam 10 pagi sampai dengan 4 sore.

Sumber gambar : http://www.tribunnews.com/
Sumber gambar : http://www.tribunnews.com/

 

Sumber gambar : http://samegram.com/tag/esgempol
Sumber gambar : http://samegram.com/tag/esgempol

9. Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede

Salah satu tempat wisata kuliner solo yang tentu sangat wajib untuk teman sejawat datangi jika sedang berada di Solo adalah Es Dawet Telasih Bu Dermi. Tempat makan paling enak di Solo ini terletak di Pasar Gede Solo yang tentu saja sangat mudah untuk teman sejawat cari, pasalnya dengan tanya-tanya di mana letak Es Dawet Telasih Bu Dermi di pasar gede pasti akan sangat mudah bagi teman sejawat untuk menemukan tempat makan enak di Solo yang satu ini.

Tempat wisata kuliner solo yang satu ini tidak pernah sepi dari pembeli, pasalnya Es Dawet Telasih Bu Dermi ini sangat di minati banyak orang. Karena selain segar dan enak, Es Dawet Telasih Bu Dermi ini juga di banderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya dengan merogoh kocek sedalam Rp. 5.000 saja teman sejawat sudah bisa mendapatkan es yang di dalamnya terdapat biji telasih, cendol, tape ketan, ketan hitam dan bubur sumsum.

 

Sumber gambar : http://food.detik.com/
Sumber gambar : http://food.detik.com/

 

Sumber gambar : http://megajalanmegajualan.blogspot.co.id/
Sumber gambar : http://megajalanmegajualan.blogspot.co.id/

Sumber tulisan :

  1. http://anekatempatwisata.com
  2. http://halomuda.com

Sumber gambar featured :

http://www.seruanku.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id