website statistics
Home > Berita > 9 Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Gigi

9 Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Gigi

Advertisement
Advertisement

Bagi beberapa orang, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Gigi berlubang atau karies gigi adalah penyebabnya. Biasanya merupakan hasil dari kerusakan gigi progresif. Karies gigi terjadi ketika enamel (hard, lapisan luar) dari gigi yang terkena bakteri penghasil asam (contohnya: streptococcus mutans), yang membentuk plak. Jika tidak diobati, bakteri ini secara efektif mengikis mineral yang terkandung dalam enamel gigi.

Cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi adalah pencegahan. Melalui menjaga kebiasaan kebersihan mulut yang baik; seperti menyikat dua kali sehari, menggunakan obat kumur, menggunakan dental floss secara teratur, hingga rutin ke dokter gigi tiap enam bulan.

Sakit gigi masih bisa muncul meskipun kebersihan mulut telah dijaga secara teratur. Terkadang kita tak dapat berkunjung ke dokter gigi disebabkan oleh berbagai alasan. Untungnya, ada solusi alami yang dalam meredakannya.

1. Air dingin atau es batu dengan buah lemon

air es

Sekalipun air dingin atau es batu dapat merangsang sakit gigi. Namun ketika dicampurkan dengan jus lemon, terbukti dapat mengurangi sakit gigi secara efektif. Campurkan beberapa jus ini dengan segelas air dingin atau es dan bilas 3-4 kali sehari. Es batu sendiri juga dapat digunakan sebagai pereda nyeri. Bungkus dengan handuk untuk daerah dekat gigi yang terinfeksi. Ini dapat meringankan rasa sakit. Mengunyah lemon dapat juga menjadi opsi untuk sakit gigi.

2. Buah cranberi

Buah cranberi

Penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan cranberi (yang bebas gula) serupa dengan clorhexidine. Cranberi Memiliki biofilm yang berfungsi sebagai anti inflamasi (peradangan), antibakteri, antioksidan, dan anti adhesi.

3. Teh hijau

teh hijau

Seperti halnya buah cranberi, teh hijau memiliki biofilm. Pada penelitian yang diakukan oleh American Academy of Periodontology (AAP), 940 orang yang meminum teh hijau secara teratur, jaringan periodontal giginya lebih sehat dibandingkan yang tidak meminum. Teh hijau juga memiliki flouride yang berfungsi untuk pencegahan karies gigi.

4. Cengkeh

cengkeh

Cengkeh memiliki fungsi antimikroba, antiseptik dan analgetik. Cengkeh memiliki kandungan 80-95 persen eugenol—memiliki efek anastetik dan analgetik yang kuat. Sediaan yang dapat digunakan adalah: cengkeh asli, bubuk cengkeh, dan minyak cengkeh. Letakkan sediaannya di dalam karies gigi dan rasa sakit dapat diredakan.

5. Air garam hangat

air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat meringankan rasa sakit gigi. Resepnya cukup simpel, masukkan satu atau dua sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah selama 30 detik.

6. Rumput gandum

rumput gandum 1

Ramput gandum juga mengandung sifat antibakteri untuk menghentikan rasa sakit dari sakit gigi. Jus rumput gandum sebagai obat kumur digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dari gigi dan memperlambat pertumbuhan bakteri. Selain dari sediaan jus, rumput gandum dapat dikunyah.

7. Bawang putih

bawang putih

Sifat antibiotik dalam bawang putih membuatnya pilihan yang sangat baik untuk mengobati sakit gigi. Anda hanya perlu untuk menghancurkan bawang putih dan menambahkan garam, kemudian meletakkannya tepat di gigi untuk membantu dengan rasa sakit. Bawang putih bubuk dapat digunakan. Jika Anda ingin, mengunyah bawang putih untuk meredakan rasa nyeri.

8. Bawang merah

bawang merah

Mengunyah bawang merah untuk meringankan sakit gigi. Bahkan jika Anda tidak bisa mengunyahnya, letakkan sepotong bawang pada karies gigi. Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikroba.

9. Daun jambu

daun jambu

Daun jambu memiliki efek antibakteri. Mengunyah beberapa daun jambu biji adalah alternatif dalam meredakan nyeri pada gigi. Cara lain untuk mendapatkan manfaat jambu biji adalah untuk menempatkan empat atau lima daun dalam air dan didihkan. Tambahkan garam dan gunakan sebagai obat kumur.

Penulis :

Dhihram Tenrisau <dhihram.tenrisau@gmail.com>

“Dokter gigi, penggila musik, tukang nonton, dan pembaca apa saja”

Sumber: bewellhub, new health guide, healthing teeth naturally, daily health post,  ncbi

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id