website statistics
Home > Perawatan Gigi > 5 Manfaat Kalo Rutin Scaling Gigi

5 Manfaat Kalo Rutin Scaling Gigi

Ads
Advertisement

Mungkin tidak banyak orang yang mengerti apa maksud dari ‘scaling gigi’ ketika mereka mendengar istilah ini diucapkan. Tetapi, begitu dijelaskan kalau scaling adalah proses pembersihan karang gigi, maka mereka baru mengetahui nama sebenarnya dari perawatan gigi itu. Proses ini mungkin tidak banyak dilakukan oleh orang-orang, karena mereka merasa kalau sudah cukup rutin menyikat gigi, sehari dua kali.

Karang gigi, atau yang biasa disebut kalkulus di dunia kedokteran gigi, adalah tumpukan plak yang telah termineralisasi kemudian menempel dan mengeras pada gigi. Biasanya gigi memiliki kemampuan untuk membersihkan diri melalui saliva, tetapi pada gigi yang sudah terbentuk karang gigi, kemampuan ini menurun sehingga dibutuhkan perawatan tambahan untuk membersihkan gigi.

Idealnya, pembersihan karang gigi dilakukan setiap enam bulan sekali, sama seperti memeriksa gigi. Ketika kemampuan gigi untuk membersihkan diri menurun, besar kemungkinan bakteri akan lebih mudah menempel pada karang gigi dan menjadi penyebab timbulnya karies gigi. Jika gigi sudah mulai berlubang dan tidak segera ditangani, maka kerusakan yang ditimbulkan bisa menjadi lebih parah, dan dibutuhkan untuk mencabut gigi.

Dampak lain dari karang gigi adalah perubahan warna gigi, terutama jika sang pemilik gigi sering mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa mengubah warna, seperti teh, kopi, dan masih banyak lainnya. Merokok juga salah satu penyebab berubahnya warna gigi, tak hanya menguning, tetapi juga bisa sampai menjadi kehitaman. Dengan adanya bakteri yang menempel pada gigi, maka ada kemungkinan juga jaringan pendukung gigi menjadi terganggu. Gejalanya bisa diketahui dari bau mulut yang tidak sedap, gusi meradang dan berwarna merah (bahkan mudah berdarah), dan yang paling parah adalah gusi membengkak yang menimbulkan kegoyahan pada gigi.

Saat karang gigi sedang dibersihkan memang menimbulkan rasa ngilu pada pasien, namun jika saat sedang dibersihkan rasa ngilu sudah tidak tertahankan, pembersihan bisa dilakukan dengan anastesi (bius) lokal.

Inilah 5 manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan scaling :

1. Membersihkan Partikel Makanan

Terkadang, walaupun kita sudah menggosok gigi 3 kali sehari, masih ada partikel makanan membandel yang terselip. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kamu pergi melakukan perawatan scaling gigi di klinik gigi terdekat karena di sana, kamu akan ditangani dengan dokter yang profesional dengan kelengkapan alat gigi yang canggih dan higenis.

2. Membersihkan Karang Gigi

Jika kamu terlambat untuk melakukan perawatan scaling gigi pada tahap awal, partikel makanan yang membandel itu akan bercampur dengan air liur dan kemudian mengeras dan menempel di gigi. Pada tahap ini, masalah karang gigi masih dapat diatasi dengan perawatan scaling gigi. Maka dari itu, perawatan scaling gigi akan lebih baik jika dilakukan secepat mungkin.

3. Mencegah Perubahan Warna Gigi

Selain dapat membersihkan partikel makanan dan karang gigi, perawatan scaling gigi juga dapat mencegah perubahan warna gigi menjadi kuning. Warna kuning pada gigi biasanya disebabkan oleh partikel makanan yang menempel di gigi, maka dari itu, dengan peralatan canggih di klinik gigi dapat membantu agar gigi tetap terlihat putih dan bersih.

4. Menghindari Gingivitis

Yang paling penting dan wajib kamu hindari adalah terkenanya penyakit Gingivitis. Gingivitis adalah penyakit di mana gusi membengkak dan memerah akibat dari partikel makanan yang tidak dibersihkan, kemudian berubah menjadi karang gigi ketika bercampur dengan air liur, dan pada akhirnya menyebabkan kerusakan pada epitel dan jaringan sel-sel penghubung pada gigi. Bacanya aja udah bikin ngilu. Gak mau kan?

5. Menghindari Pengeroposan Gigi

Jika kamu sudah terkena penyakit Gingivitis, kuman-kuman dan bakteri akan berkembang biak dan mengakibatkan kerusakan yang parah terhadap gigi dan salah satunya adalah akan terjadi pengeroposan gigi. Bisa-bisa juga gigi copot walaupun sebenarnya umur kamu bisa dikatakan masih muda.

Masih mikir-mikir tentang melangsungkan perawatan scaling gigi? Kalau engga, ayo buruan ke klinik gigi terdekat dan hindari kerusakan-kerusakan gigi yang telah disebutkan di atas.

Terima kasih

http://ciptadent.co.id

http://beauty.grivy.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Apa Pengertian Scaling Gigi?
views 1165
Pernahkah sobat blogger menyadari kehadiran karang gigi? Biasanya seseorang akan menyadarinya ketika lidah merasakan ada sesuatu yang keras dan kasar ...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id