website statistics
Home > DenTech > 4 Aplikasi Ini Bisa Membantu Dokter Gigi Lho

4 Aplikasi Ini Bisa Membantu Dokter Gigi Lho

Advertisement
Advertisement

Era teknologi informasi segala macam aplikasi yang menunjang pekerjaan, dapat ditemukan dengan mudah di dalam smartphone. Tetapi hal tersebut menurut Dr drg Kosterman Usri MM, tidak disadari oleh praktisi dokter gigi.

“Kami bukan mengenalkan sesuatu yang baru tapi sebenarnya sudah banyak tersedia di playstore yang ada pada setiap android tetapi kurang disadari. Dimana pada setiap genggaman dokter gigi saat ini mempunyai smartphone didalamnya ada berbagai aplikasi yang dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan,” kata Kosterman sela-sela Dent Science Exhibition Meeting and Research (D’SEMAR) di Krakatau Grand Ballroom Hotel Horison.

Direktur pelayanan RS Gigi dan Mulut Universitas Pajajaran Bandung itu menyatakan, aplikasi untuk profesi dokter gigi banyak sekali dijumpai di dalam Play Store tetapi ia hanya akan mengenalkan empat macam. Aplikasi untuk rekam media, reminder janjian dengan pasien, analisis model dan direktori obat.”Dengan mengenalkan aplikasi-aplikasi ini untuk dokter gigi. Sehingga mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan menunjang profesinya,”tambahnya.

POSTING TERKAIT :

Beberapa aplikasi yang akan dikenalkan diantaranya, Dentist Manager yang bisa berfungsi sebagai rekam medis pasien. Dimana semua data medis pasien yang pernah ditangani bisa masuk ke dalam aplikasi ini tetapi memang membutuhkan memori yang besar.

Aplikasi lainnya adalah I Model Analysis dimana aplikasi ini satu fungsinya, adalah untuk menganalisis saat dokter gigi akan memasang kawat gigi kepada pasien. Mengawat gigi pasien tidaklah mudah, harus dihitung dengan perhitungan yang matang.

“Selama ini sebelum melakukan pengawatan diukur lebih dahulu dan kemudian dituliskan dalam satu lembar kertas dan dihitung dengan kalkulator. Dengan aplikasi ini dokter gigi cukup memasukkan data-data yang dibutuhkan dan kemudian keluar analisis yang bisa dilakukan dalam pengawatan gigi,” jelasnya.

Aplikasi lainnya adalah ICD 10, berfungsi untuk menandai apakah penyakit yang ditangani dicover BPJS atau tidak direktori obat yang berisi segala macam jenis dan golongan obat-obatan.”Kami mengenalkan karena belum memasyarakat, tidak masuk kurikulum. Sudah banyak dokter yang menggunakan aplikasi tapi belum memasyarakat,” papar Kosterman yang menyebut aplikasi tersebut sangat mudah dioperasikan.

DOWNLOAD APLIKASI

  1. Dentist Manager
  2. I Model Analysis
  3. ICD 10

Sumber tulisan :

http://berita.suaramerdeka.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn2Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id