3 Peran Dokter Gigi Agar Anak Tidak Takut Periksa Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Setelah membahas tentang  4 Peran Orang Tua Agar Anak Tidak Takut Ke Dokter Gigi, kita akan membahas 3 Peran Dokter Gigi Agar Anak Tidak Takut Periksa Gigi.

Berkunjung ke dokter gigi bisa menjadi hal yang sangat merepotkan jika anak Anda takut. Anak akan merengek ketakutan dan menjerit padahal giginya sudah berlubang. Hal ini biasanya disebabkan pengalaman buruk si kecil ketika pergi ke dokter gigi pertama kali.

Mungkin saat itu anak Anda yang sedang sakit gigi trauma akibat perasaan bercampur antara sakit dan takut dengan peralatan dokter. Peran Anda sebagai orang tua dan dokter gigi untuk mengurangi rasa takut ini sangat tinggi.

Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc dari PT Unilever Indonesia mengatakan bahwa anak yang peduli dengan kesehatan giginya dapat menjadi agen perubahan. “Kita jangan meng-underestimate anak, tidak jarang anak yang peduli terhadap kesehatan giginya justru membuat orang tuanya lebih rajin menyikat gigi dan peduli terhadap kesehatan mulut dan gigi mereka,” ucap drg Mirah dalam sebuah acara di Jakarta.

image from http://momdadi.com/
image from http://momdadi.com/

Peran Dokter Gigi

Rasa takut anak ketika sudah sampai di depan ruang pemeriksaan gigi sangat beragam. Ada yang menangis, mengamuk, bahkan menjerit minta pulang. Namun, dokter gigi yang sudah biasa menangani pasien anak-anak memiliki cara khusus untuk menurunkan rasa takut anak Anda.

Dokter gigi saat ini sudah tidak seperti dulu lagi, di mana mereka sudah menggunakan masker sejak awal, menjejerkan peralatan periksanya di meja, ataupun tidak terlihat ramah. Inilah peran dokter gigi yang biasa dilakukan:

  1. Dimulai dengan obrolan ringan dengan anak Anda. Dokter gigi akan menggunakan nada suara yang lebih halus.
  2. Dokter gigi juga akan menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti agar anak tidak merasa bingung.
  3. Beberapa dokter akan menggunakan alat peraga seperti replika gigi ataupun gambar struktur gigi untuk menjelaskan prosedur yang akan dilewati anak Anda.

Membuat anak Anda peduli terhadap kesehatan gigi sejak dini akan membuatnya ingat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sampai dewasa nanti. Ajari anak Anda cara menyikat gigi yang benar, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Orang tua mana yang tidak menginginkan suatu saat nanti anaknya berkata “Dokter gigi itu temanku!”

Baca Juga : Ini Lho 4 Peran Orang Tua Agar Anak Tidak Takut Ke Dokter Gigi

Sumber tulisan :

http://majalahkartini.co.id/keluarga-karier/anak/dokter-gigi-itu-temanku

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.