invisible hit counter 3 Mahasiswa FKG UNEJ Juara Kompetisi Oral Session Di Belanda - dental.id

3 Mahasiswa FKG UNEJ Juara Kompetisi Oral Session Di Belanda

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Mahasiswa Fakuktas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG Unej), Provinsi Jawa Timur, Amalia Rahmaniar Indrati berhasil menjuarai penelitian kategori Oral Session bidang kedokteran gigi The 21st International Student Congress of (Bio) Medical Sciences (Iscoms) 2014 yang digelar University of Groningen Belanda.

“Berkesempatan untuk berada dalam kompetisi internasional seperti di Oral Session pada acara ISCOMS merupakan prestasi tersendiri bagi kami dan FKG Universitas Jember,” kata Indrati di Jember, Jumat (4/7/14).

Bersama dua rekannya M Ainun Najib, dan Hendra Jaya Permana, Indrati mengikuti kompetisi dengan penelitiannya berjudul Solubility of Enamel Calcium in Saliva of Dosability People (In-Vitro Test) berhasil menjadi juara pertama kategori Oral Session bidang kedokteran gigi.

image from http://fkg.unej.ac.id/

image from http://fkg.unej.ac.id/

“Saya berangkat sendiri ke Belanda, karena M Ainun dan Hendra tengah sibuk menjalani masa ko-asistensi. Namun, saya banyak mendapat pengalaman yang luar biasa dari kompetisi internasional itu,” tuturnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) Penalaran Dentin di FKG Universitas Jember itu mengaku mengetahui kegiatan Iscoms itu dari internet pada Desember 2013.

Dia kemudian mengajak kakak kelasnya Ainun dan Hendra untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian tersebut. “Pada Februari lalu, kami mendapatkan pemberitahuan. Karya tulis kami diterima panitia Iscoms dan diundang memberikan presentasi di Belanda.”

Menurut dia, timnya fokus untuk melakukan penelitian mengenai kadar kelarutan enamel kalsium di saliva atau ludah para penyandang cacat, khususnya penderita retardasi mental dan penyandang cacat buta.

“Selama sepekan penuh, kami konsentrasi mengerjakan penelitian dan beruntung penelitian awal sudah dilakukan oleh mas Ainun dan Hendra melalui skripsinya masing-masing. Kami tinggal meneruskan penelitian tadi dengan objek penelitian penyandang cacat,” ujarnya memaparkan.

Dari ratusan karya tulis ilmiah yang diterima panitia dari seluruh dunia, lanjut dia, hanya dua karya tulis ilmiah dari Indonesia yang berhasil masuk ke sesi presentasi, yakni dari Universitas Jember dan Universitas Indonesia.

Sementara di kategori Poster Session, Indonesia juga berbangga karena diwakili tim dari Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Sam Ratulangi.

Sumber tulisan dan gambar :

http://fkg.unej.ac.id/

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Berita
views 23
Dapatkan berita terbaru kedokteran gigi di SINI
Dokter Ini Gagal Cabut Gigi Pasien, Malah Disuruh ...
views 1564
Pasien Puskesmas Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak merasa tidak dihargai oleh dokter gigi yang bertugas. Sebab, pasien sempat disuruh mencari dokter d...
7 FKG Universitas Negeri Terbaik Di Indonesia
views 34919
Kedokteran gigi adalah ilmu mengenai pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut melalui tindakan tanpa atau dengan pembedahan...
Apakah Bahaya Fluoride Itu Fakta Atau Hoax?
views 2021
Fluoride, adalah satu kata yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi teman-teman dentist, apalagi zat ini terdapat dalam pasta gigi (odol) yang pastin...
Nama Dan Alamat Kampus FKG Di Indonesia
views 21483
Update 26 Juli 2017Berikut ini daftar nama dan alamat FKG seluruh Indonesia1. FKG Universitas AirlanggaAlamat : Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moes...
Mahasiswa FKG Juara Di 8th Dentistry Scientific Me...
views 185
Mahasiswa Kedokteran Gigi UNSOED kembali torehkan prestasi membanggakan. Kali ini giliran Adrian Permadi, Nasriana Stephanie Manurung dan Yunia Amina ...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

admin

Admin website http://dental.id

You may also like...