website statistics
Home > Perawatan Gigi > 15 Fakta Atau Mitos Tentang Gigi Berlubang Yang Terlanjur Di Masyarakat (Bag 2)

15 Fakta Atau Mitos Tentang Gigi Berlubang Yang Terlanjur Di Masyarakat (Bag 2)

Advertisement
Advertisement

Salah satu treatment kesehatan yang paling sulit dibedakan antara fakta atau mitos adalah persoalan gigi. Seringkali banyak informasi yang tak jelas asal-usulnya diterima mengenai gigi berlubang dan begitu saja dipercaya oleh semua orang.

Oleh karena itu anda harus memahami apakah informasi yang anda dapatkan dan ketahui merupakan fakta atau mitos. Berikut adalah ada 15 fakta atau mitos mengenai gigi berlubang dan juga akan dijabarkan fakta sesungguhnya :

8.  Lubang biasanya berada di antara gigi

Fakta. Bakteri bersembunyi di tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi atau floss. Kerusakan gigi biasa terjadi pada tempat persembunyian bakteri tersebut.

Gunakan obat kumur untuk menjangkau lokasi-lokasi tersebut.

9. Menggertakkan gigi saat tidur juga dapat menyebabkan gigi berlubang

Mitos, tapi tidak jauh dari fakta. Gigi berlubang berasal dari bakteri yang memproduksi asam. Namun, gertakkan gigi adalah salah satu hal terburuk yang Anda lakukan pada gigi Anda.

Gertakkan pada gigi memberikan tekanan yang cukup besar pada gigi Anda. Tekanan tersebut akhirnya dapat menyebabkan retak dan patah pada tulang gigi Anda. Hal ini mempercepat kerusakan gigi.

 10. Jarak pada gigi menyebabkan gigi berlubang

Mitos. Jarak besar pada gigi lebih mudah untuk dibersihkan. Jadi selama gigi bebas bakteri, jarak pada gigi tidak rawan pada kerusakan.

Perhatikan jarak kecil pada gigi. Makanan mungkin menyangkut dan dapat menyebabkan gigi berlubang jika tidak dibersihkan.

11. Gigi retak menyebabkan gigi berlubang

Fakta. Retakan dapat menciptakan rumah bakteri yang tidak dapat dijangkau sikat gigi. Ini dapat mempercepat kerusakan gigi. Gunakan obat kumur mengandung fluoride untuk menjangkau lokasi yang sulit.

12. Gigi berlubang merupakan penyebab dibutuhkannya perawatan saluran akar

Mitos. Anda membutuhkan perawatan saluran akar gigi jika saraf pada gigi Anda rusak. Hal ini disebabkan oleh lubang pada gigi yang tidak ditambal atau bisa juga karena gertakkan pada gigi, dll.

 13. Gigi susu bayi tidak mungkin berlubang

Mitos. Gigi susu dapat berlubang dan akan menyebar ke gigi lain jika tidak segera dirawat.

14. Anda perlu menggosok gigi, flossing dan berkumur untuk mencegah gigi berlubang

Fakta. Pencegahan adalah kunci. Anda harus membuang bakteri-bakteri pada gigi.

Gosok gigi dua kali sehari dengan odol mengandung fluoride, dan gunakan benang gigi/ floss dan obat kumur setiap hari. Jika bakteri selalu dibersihkan dari mulut Anda setiap hari, gigi Anda tidak akan berlubang.

15. Kehamilan
Banyak orang yang menilai bahwa saat hamil anda tidak boleh melakukan perawatan gigi. Padahal hal itu adalah mitos belaka. Sebaliknya jika anda sedang berada pada masa kehamilan maka perawatan gigi haruslah dimaksimalkan sebab gigi akan mudah rapuh karena beberapa asupan akan berfokus pada janin bukan pada sang ibu.

Lihat  : 15 Fakta Atau Mitos Tentang Gigi Berlubang Yang Terlanjur Di Masyarakat (Bag 1)

Terima kasih

  1. https://kesehatangigi.blogspot.co.id
  2. http://tigadental.com
Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

15 Fakta Atau Mitos Tentang Gigi Berlubang Yang Te...
views 80
Salah satu treatment kesehatan yang paling sulit dibedakan antara fakta atau mitos adalah persoalan gigi. Seringkali banyak informasi yang tak jelas a...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id