website statistics
Home > Kampus > 10 Universitas Terbaik Dunia untuk Kedokteran Gigi

10 Universitas Terbaik Dunia untuk Kedokteran Gigi

Advertisement
Advertisement

Dokter gigi merupakan sebuah profesi yang dituntut untuk terus update terutama dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara terbaik untuk memperdalam pengetahuan kedokteran gigi adalah dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, berikut adalah daftar universitas terbaik yang dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan master, spesialis, maupun doktoral kedokteran gigi. Beberapa universitas tersebut menyediakan beragam pilihan program studi untuk berbagai disiplin ilmu kedokteran gigi.

Berdasarkan peringkat yang dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings tahun 2017, 10 Universitas tebaik untuk kedokteran gigi di dunia antara lain:

  1. The University of Hongkong

Sebagai salah satu universitas di Asia yang menyediakan sekolah kedokteran gigi dengan pilihan jurusan yang cukup banyak. Walaupun berlokasi di Asia, ternyata universitas ini mampu bersaing dengan seluruh universitas di dunia dan menjadi universitas dengan peringkat no. 1 di dunia sejak tahun 2016 berdasarkan skor QS rangking.

Universitas ini didirikan oleh pemerintah Inggris pada tahun 1911 dan merupakan institusi pendidikan tertua di Hongkong. Saat ini, universitas ini menyediakan 10 program studi kedokteran gigi untuk master taught (MDS/MSc), program research (M.Phil), dan juga program doktoral untuk berbagai spesialisasi kedokteran gigi.

  1. University of Michigan

Didirikan sejak tahun 1875, berlokasi di Michigan, Amerika Serikat. Universitas ini merupakan universitas negeri pertama di dunia dan universitas kedua yang menyediakan program studi kedokteran gigi di Amerika Serikat, serta yang pertama dalam menyediakan program pendidikan graduate. Selain itu, empat dari staff fakultasnya pernah terpilih sebagai presiden dari American Dental Association. Institusi ini menyediakan 10 program pendidikan graduate untuk kedokteran gigi yang terdiri dari program master, spesialis, dan doktoral.

  1. Tokyo Medical and Dental University (TMDU)

Merupakan penggabungan antara Graduate School of Medical Sciences dan Graduate School of Dental Sciences yang dibentuk pada tahun 1999 sebagai usaha untuk merespon tantangan dari berbagai masalah yang muncul dalam bidang kedokteran dan kedokteran gigi di abad 21. Kemudian, universitas ini menyusun kembali program master dan doktoral di tahun 2012 agar bisa menyediakan pendidikan yang terbaik di Jepang.

Program pendidikan graduate untuk kedokteran gigi di universitas ini terbagi atas 3 program utama, antara lain, program master untuk Dental Sciences, program doktoral Dental Science, serta program doktoral untuk Life Science and Technology.

  1. King’s College London

Didirikan pada tahun 1829 oleh King George IV, berlokasi di London, Inggris. Berusia lebih dari 157 tahun, universitas ini merupakan yang pertama berpredikat sebagai sekolah kedokteran gigi yang berkualifikasi modern. King’s College London menyediakan 13 post-graduate program kedokteran gigi untuk fulltime course dan 5 program untuk distance learning course.

  1. Harvard University

Harvard School of Dental Medicine (HSDM) adalah sekolah kedokteran gigi pertama di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1867. Berlokasi di Longwood Medical Area di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Sekolah kedokteran gigi di Universitas Harvard ini termasuk yang kecil dibandingkan dengan sekolah kedokteran gigi lainnya di dunia, akan tetapi lulusannya telah memberikan pengaruh yang signifikan dalam kedokteran gigi.  Selain itu, sekolah ini terdiri dari 15 program studi untuk post-graduate kedokteran gigi baik itu master maupun doktoral.

  1. University College London (UCL)

UCL Eastman Dental Institute adalah sekolah kedokteran gigi dari University College London (UCL) dan merupakan departemen dari Fakultas Kedokteran. Berlokasi di Gray’s Inn Road, Bloomsbury, London, Inggris, didirikan sejak tahun 1931 dan menjadi institusi post-graduate Kedokteran Gigi di tahun 1948. Institusi ini merupakan pusat post-graduate kedokteran gigi terbesar di Eropa. Bersama dengan Eastman Dental Hospital membentuk institusi ini sebagai salah satu yang memiliki spesialisasi dan penelitian kesehatan gigi dan mulut dengan konsentrasi terbesar di Eropa. Saat ini, institusi ini menyediakan 21 program pendidikan master dan doktoral kedokteran gigi.

  1. Karolinska Institutet

Dalam Bahasa Inggris juga dikenal dengan nama (Royal) Caroline Institute. Universitas yang berlokasi di Swedia ini, merupakan salah satu universitas kedokteran yang paling besar dan bergengsi di dunia. Institusi ini didirikan pada tahun 1810. Pada beberapa tahun terakhir, universitas ini selalu menduduki jajaran 10 besar universitas terbaik di dunia untuk kedokteran gigi.

Sayangnya, institusi ini tidak menyediakan program master, melainkan program spesialis untuk ortodontik dan endodontik yang ditempuh selama kurang lebih 3 tahun. Pada tahun ajaran 2017-2020, institusi ini menawarkan khusus untuk program spesialis ortodontik yang juga mencakup program master yang dapat ditempuh selama 3,5 tahun. Selain itu, Karolinska Institutet juga menyediakan program doktor dan post-doktoral untuk berbagai disiplin ilmu kedokteran gigi.

  1. Academic Centre for Dentistry Amsterdam (ACTA), Amsterdam the Netherlands

Didirikan pada tahun 1984 melalui penggabungan dua fakultas kedokteran gigi yaitu Universiteit of Amsterdam dand the Vrije Universiteit Amsterdam. ACTA merupakan salah satu universitas kedokteran gigi terbesar di dunia. Universitas ini menyediakan 4 program master, 2 program spesialis, dan 14 area penelitian  untuk program doktoral.

  1. Ku Leuven

KU Leuven adalah kepanjangan dari Katholieke Universiteit Leuven yang juga dikenal dengan nama Catholic University of Leuven atau University of Leuven. Universitas ini didirikan pada tahun 1425 dan terletak di Leuven, Flanders, Belgia. Sistem pendidikan untuk menjadi dokter gigi di tempat ini harus menemuh pendidikan kurang lebih 5 tahun, yang terdiri dari 3 tahun untuk tahap sarjana dan 2 tahun untuk tahap master. Selain itu, progam doktoral dan penelitian post-doktoral juga tersedia di Universitas ini.

  1. University of Gothenburg

Institusi ini dimulai di tahun 1967, berlokasi di Gothenburg, kota terbesar kedua di Swedia. University of Gothenburg merupakan universitas ketiga tertua di antara universitas di Swedia. Sistem pendidikan untuk menjadi dokter gigi di tempat ini juga mirip dengan KU Leuven, sehingga dokter gigi dianggap telah menempuh program master dari 5 tahun jenjang pendidikannya. Institusi pendidikan ini menyediakan 2 program spesialis yaitu ortodontik dan periodontik  yang ditempuh selama 3 tahun dan juga program doktoral.

Sumber: The QS World University Rankings of Dentistry 2017

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook504Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Pin on Pinterest0