10 Alasan Memilih Kuliah di Kedokteran Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
13Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Memilih jurusan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tentunya harus mempertimbangkan berbagai aspek terutama untuk prospek masa depan. Sama halnya dengan jurusan Kedokteran Gigi, setiap orang tentunya memiliki alasan tersendiri dalam memutuskan untuk kuliah di Kedokeran Gigi. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh American Dental Association (ADA), terdapat 10 alasan yang sering menjadi pertimbangan seseorang memilih Kedokteran Gigi sebagai pendidikan tingginya.

1.Memberikan Pelayanan Kesehatan

Membantu masyarakat dalam memperbaiki dan mempertahankan kesehatan mulut, kualitas hidup dan penampilannya. Jurusan ini juga melatih keterampilan sosial seseorang dikarenakan berbagai kegiatan di komunitas lokal sering dilakukan.

2.Hidup yang Seimbang

Menjadi dokter gigi memberikan kita fleksibilitas dalam bekerja, sehingga dokter gigi dengan mudah dapat mengatur keseimbangan waktu antara kehidupan profesional dan kehidupan pribadinya.

3.Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasien

Pekerjaan dokter gigi yang membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut serta memperbaiki senyum pasien dapat mendorong kepercayaan diri mereka terutama dalam hal memamerkan senyum yang mereka inginkan.

4.Teknologi dan Riset

Kedokteran gigi merupakan salah satu bidang ilmu yang berkembang pesat, termasuk dalam hal teknologi. Tidak sedikit orang memutuskan untuk berkecimpung di bidang ini agar dapat terlibat langsung dalam pengembangan ilmiah kedokteran gigi. Selain itu pula, teknologi dan riset di kedokteran gigi terus menunjukkan prospek yang menjanjikan.

5.Menjadi Seorang Pemimpin

Dokter gigi adalah salah satu profesi yang cukup berkelas di kalangan masyarakat di seluruh dunia. Tidak hanya di lingkungan keluarga, bahkan di lingkungan pertemanan dan masyarakat, profesi ini mendapatkan strata sosial yang cukup dihormati. Walaupun bagi sebagian orang strata sosial tidaklah penting, akan tetapi paradigma masyarakat yang sangat baik tentang profesi ini tidak dapat dipungkiri. Selain itu, perspektif masyarakat bahwa seseorang yang berprofesi sebagai dokter gigi adalah orang yang dianggap intelek, sehingga tak jarang Anda dipilih sebagai pemimpin dalam sebuah forum, lingkungan masyarakat, ataupun lingkungan kerja.

6.Pencegahan/Edukasi

Pelayanan kesehatan yang diberikan tidak hanya perawatan kuratif dan rehabilitatif, melainkan mencakup pelayanan preventif. Bahkan beberapa tahun terakhir ini, berbagai organisasi kedokteran gigi dunia sudah sangat berfokus dalam mendorong pelayanan yang berbasis preventif terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, salah satunya adalah Dental Health Education.

7.Mendeteksi Penyakit

Kondisi rongga mulut seseorang dapat menjadi penanda adanya kelainan atau penyakit sistemik yang diderita. Dengan merawat kesehatan gigi pasien, dokter gigi dapat membantu menemukan adanya kelainan yang mungkin saja tidak disadari oleh pasien, seperti kanker ataupun penyakit jantung.

8.Kreatifitas

Dentist (Doctor-Engineer-Artist). Sebagian besar orang menganggap bahwa dokter gigi adalah profesi yang menggabungkan tiga keahlian di dalamnya, yaitu sebagai seorang tenaga medis, teknisi, dan seniman. Pekerjaan dokter gigi yang tidak hanya melayani pasien, tetapi juga perpaduan ketiga talenta tersebut mendorong kita untuk terus kreatif dalam melakukan pekerjaan dan menemukan modulitas terbaru dalam perawatan pasien.

9.Potensi Sukses

Peningkatan usia penduduk juga semakin mendorong permintaan dan kebutuhan akan perawatan gigi. Selain itu pula, dokter gigi merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang cukup tinggi di sebagian besar negara di dunia. Dokter gigi tidak terbatas hanya berkarir dengan melakukan penanganan langsung pada pasien, akan tetapi juga dapat berkecimpung dalam pelayanan rumah sakit dan layanan kesehatan masyarakat.

10.Mempekerjakan Diri Sendiri

Seorang dokter gigi dapat memilih untuk menjadi atasan di klinik dokter gigi yang dimilikinya dibandingkan menjadi pekerja.

Sumber :
Ten Great Reasons to Consider Dentistry 
Why Choose Dentistry? 
Berikan Komentar Disini

Artikel Terkait

Ini Lho 9 Alasan Kamu Harus Jadi Dokter Gigi
views 11774
Mungkin selama ini orang pada males yah lanjutin sekolah ke perguruan tinggi apalagi jadi DOKTER GIGI. Udah gitu orang juga makin males berhubungan sa...
Fuad Gandhi Rizal : Difabel Dokter Gigi dan Peneli...
views 690
Harapan untuk berpraktik sempat hampir pupus Sebelum akhirnya bisa berpraktik dan menjadi peneliti, Fuad Gandhi Rizal harus melewati sekian penolakan ...
Fakta : Menikahlah Dengan Dokter Gigi Agar Langgen...
views 12421
Siapa sih yang nggak mau pernikahannya langgeng? Tentu kamu harus memilih calon pasangan kamu nanti dengan hati-hati. Berdasarkan sebuah survei ter...
Survey : Kenapa Orang-orang Takut Dokter Gigi
views 2150
Tentu kita semua pernah ketemu dengan orang-orang yang takut dokter gigi. Gue juga pernah; sering bahkan. Perjalanan gue mencari pasien sebagai seoran...
Istilah Kedokteran Gigi Galau
views 2765
1. Kurva Spee Kadang, aku merasa senasib dengan kurva spee. Soalnya, hatiku juga spee. Itu sepi, Mz! Sepi! Bisa aje lu, remah debris!   ...
Yang Perlu Diketahui Tentang Biaya Pelayanan Dokte...
views 4725
Penulis : drg. Ade Suryaningsih (Alumni FKG UNEJ (Universitas Jember) Angkatan 2002). https://www.facebook.com/Ade Surya N GA RUGI BACA SAMPE HABI...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
13Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.